Inilah 6 Trik Jitu Memotret dalam Kondisi Gelap

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 6 Trik Jitu Memotret dalam Kondisi Gelap
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Memotret sudah menjadi hal yang lumrah bagi seseorang, disetiap ada moment-moment tertentu yang menurutnya asyik untuk dicoba, tak jarang seseorang langsung mengabadikannya sebagai bahan kenangan.

Pencahayaan yang bagus menjadi daya tarik untuk menunjang foto secara maksimal. Namun, kebanyakan orang belum sepenuhnya mengetahui bagaimana cara mengambil gambar yang benar. Ada banyak pencahayaan gelap dan buram yang terkadang tetap diambil.

Padahal, dengan teknik yang baik Anda tetap bisa mendapatkan foto terbaik dalam kondisi gelap lewat , tidak peduli seberapa rendah cahaya yang ada.

Jadi, apa yang harus dilakukan jika ingin memotret gambar dalam keadaan gelap, terutama dengan menggunakan kamera smartphone? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mendapat gambar yang maksimal :

Jangan Biarkan Bergoyang
Saat memotret foto lalu bergoyang, bagaimana pun keadaannya, pasti tidak akan bagus. Goyangan sedikit saja pada saat memotret dalam kondisi gelap, sangat mempengaruhi hasil gambar. Kamera perlu waktu untuk menangkap gambar karena tingkat cahaya yang rendah. Untuk itu lebih baik menggunakan tripod.

Selain tripod, Anda juga bisa memanfaatkan meja dan fitur timer untuk meminimalisir getaran saat kamu menekan tombol shutter.

Gunakan Flash dengan Tepat
Flash memang sangat berguna dalam keadaan gelap, namun tidak sepenuhnya bisa menghasilkan foto yang baik. Gunakanlah flash dengan cara yang tepat.

Hindari penggunaan jarak jauh, karena akan membuat LED flash tidak bekerja dengan maksimal. Penggunaan LED flash terlalu dekat juga akan membuat objek kurang detail atau membuat latar belakang tak terlihat dengan jelas. Alangkah lebih baik bila digunakan pada jarak sedang, di mana peneranggannya jauh lebih baik daripada jarak jauh atau terlalu dekat.

Atur ISO
Anda dapat mengatur ISO pada mode manual di kamera smartphone. ISO yang digunakan sebaiknya sekitar 800-6400 (tergantung tingkat cahaya yang ada).

Namun, sama seperti flash, penggunaan ISO juga bisa menjadi hal buruk ketika ISO tinggi, jadi harus tetap diukur sesuai tingkat cahaya yang ada di sekitar.

Gunakan HDR
Saat memotret tentu akan dihadapi dengan kondisi terang dan gelap. Hal itu biasanya membuat objek terlihat terlalu cerah atau pun terlalu gelap. Lewat mode HDR, kamu bisa mengatasi masalah tersebut.

Dengan kata lain, mode ini dapat membantu kamu menghasilkan foto lebih banyak detail dalam bayangan dan menghindari overexposing pada area yang terang. Bila ingin ekspresi lebih menunjang pakailah tripod. Karena, dalam kondisi cahaya rendah, sedikit gerakan bisa membuat hasil gambar terlihat buram atau tidak jelas.

Hindari Zoom
Menggunakan digital zoom pada kamera smartphone adalah ide yang sangat buruk, apalagi saat gelap. Zoom sebenarnya tidak membuat gambar lebih rinci, justru akan membuat gambar kurang detail.

Memotret lewat kamera smartphone, ada baiknya memilih jarak yang tak terlalu jauh dengan objek. Cara itu berguna untuk menghasilkan gambar yang lebih jelas. Jika Anda tipe orang yang suka memotret dari jarak jauh, cobalah memakai lensa zoom tambahan yang bisa ditempel di smartphone.

Edit Foto
Menerapkan filter atau efek saat memotret memang sangat menggiurkan, namun cara ini tidak banyak mambantu. Gunakanlah filter atau efek saat mengedit gambar.

Tanpa perlu komputer, berbagai macam aplikasi edit foto sudah banyak tersedia untuk smartphone, Anda tinggal memilih yang sesuai dengan keinginan. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.