oleh

Inilah 9 Cara Mudah Bikin Anda Tidur Nyenyak di Malam Hari

PortalMadura.Com – Membiasakan tidur yang baik sebenarnya bisa membantu seseorang tidur nyenyak. Pasalnya, jika tidak mendapatkan tidur berkualitas, mereka akan terkena insomnia yang bila dibiarkan bisa menyebabkan masalah kesehatan serius.

Kesehatan tersebut, mulai dari penyakit kardiovaskular, memori yang mudah menurun, dan sulit untuk fokus. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan agar Anda mendapatkan tidur berkualitas, yang disarankan oleh Konsultan dari Departemen Psikiatri di Singapore General Hospital (SGH), Dr Tan Shian Ming.

Berikut ini uraiannya:

Mengadopsi Jadwal Tidur yang Teratur
Buatlah jadwal tidur dan bangun tidur di waktu yang sama setiap hari, baik itu akhir pekan atau hari libur. Hal ini akan membantu memperkuat siklus tidur dan bangun tubuh Anda.

Tetap Aktif
Berolahraga secara teratur akan meningkatkan tidur yang lebih nyenyak, dan membantu Anda tertidur lebih cepat. Tetapi hindari olahraga berat hingga empat jam sebelum tidur karena mungkin terlalu banyak memberi stimulasi.

Batasi Tidur Siang
Tidur siang dapat mengganggu tidur Anda di malam hari, terutama jika Anda sudah berjuang dengan insomnia atau tidur malam dengan kualitas tidur yang buruk. Jika Anda harus tidur di siang hari, batasi tidak lebih dari satu jam dan di bagian awal sore hari.

Miliki Ritual Sebelum Tidur
Cobalah mandi air hangat atau meredupkan lampu sebelum tidur yang dapat membantu Anda beristirahat. Namun, jauhi televisi dan perangkat elektronik lainnya karena ini cenderung mengganggu tidur.

Loading...

Hindari Alkohol Sebelum Tidur
Alkohol bukan ‘obat tidur’. Alkohol mungkin membuat Anda mengantuk tetapi sebenarnya membuat tidur jadi sebentar dan terganggu.

Camilan Sebelum Tidur
Hindari mengonsumsi kafein di penghujung hari karena dapat mengganggu tidur hingga 12 jam. Minumlah segelas susu hangat atau beberapa biskuit ringan jika Anda harus memiliki kudapan sebelum tidur. Ini mengandung triptofan, asam amino yang dapat membantu menginduksi tidur. Jangan minum atau makan terlalu banyak atau Anda mungkin harus bangun untuk pipis di tengah malam.

Batasi Penggunaan Obat Tidur
Banyak obat tidur memiliki efek samping dan tidak dimaksudkan untuk penggunaan jangka panjang. Karena mereka hanya mengatasi gejala dan bukan penyebab sebenarnya, mereka dapat memperburuk masalah tidur Anda.

Jangan Berbaring jika Anda tidak Bisa Tidur
Jika berbaring di tempat tidur selama lebih dari 15 menit, bangun dari tempat tidur untuk melakukan aktivitas yang bisa merangsang rasa kantuk seperti membaca buku. Tetap di tempat tidur dapat membuat Anda merenungkan kekhawatiran lama.

Konsultan dengan Dokter
Jika semua upaya Anda untuk menyelesaikan masalah tidur tidak berhasil, jangan memilih diam saja. Anda mungkin mengalami gangguan tidur yang disebut sleep apnea. Silakan berbicara dengan dokter Anda. (liputan6.com/Salimah)




Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar