Inilah Alasan Buah Semangka Wajib Ada di Camilan Ibu Hamil

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah Alasan Buah Semangka Wajib Ada di Camilan Ibu Hamil
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada masa awal kehamilan biasanya rasa mual sering terjadi bukan. Tak jarang mereka disertai dengan muntah-muntah yang cukup parah dan berulang. Bila hal tersebut terjadi, maka akan beresiko mengalami dehidrasi.

Perlu diwaspadai, dehidrasi saat kehamilan tentu bisa berdampak buruk pada janin. Namun tak perlu khawatir, ada salah satu buah yang pas dengan kondisi tersebut, yaitu . Buah segar yang sangat kaya akan air ini, bermanfaat bagi ibu hamil lho.

Semangka rupanya bisa meringankan rasa nyeri di perut dan pembengkakan. Kandungan air dan gula buahnya yang tingga dapat membantu meringankan mual dan dehidrasi di pagi hari. Kemudian, kandungan mineralnya juga dapat membantu mencegah kram otot trimester ketiga.

Kandungan likopen yang merupakan antioksidan pada semangka juga sangat tinggi. Antioksidan tersebut bisa melindungi tubuh dari terhadap kanker dan penyakit kardiovaskular, serta meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi. Jadi sangat pas untuk menjaga kondisi tubuh ibu hamil.

Sebuah studi yang dipublikasi dalam International Journal of Gynecology and Obstetrics, menemukan bahwa asupan likopen setiap hari bisa mengurangi kejadian preeklamsia atau tingginya tekanan darah pada ibu hamil hingga 50 persen.

Kandungan vitamin dan mineral pada semangka juga sangat tinggi, yaitu vitamin A, C dan B6, serta kalium dan magnesium. Nutrisi ini penting untuk perkembangan penglihatan, otak, sistem saraf dan serta kekebalan tubuh.

Jadi, dari sekarang, jangan lupa untuk selalu sertakan semangka dalam menu harian ya. Jaga kehamilan agar tetap sehat hingga persalinan. Semoga informasi di atas bermanfaat. (dream.co.id/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.