Inilah Amalan Yang Pahalanya Lebih Besar dari Salat dan Puasa

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah Amalan Yang Pahalanya Lebih Besar dari Salat dan Puasa

PortalMadura.Com – Selama ini banyak umat Islam yang menganggap bahwa yang paling besar ganjaran pahalanya adalah amalan-amalan wajib seperti , , dan juga zakat.

Padahal, anggapan tersebut tidak benar adanya. Selain tiga kewajiban itu ternyata masih ada amalan lainnya yang memiliki ganjaran pahala yang jauh lebih besar. Lantas amalan apakah itu yang nilai ganjaran pahalanya jauh lebih besar dibandingkan dengan amalan-amalan wajib?.

Sebagaimana diriwayatkan Imam Bukhari dan Muslim, suatu ketika bertanya kepada para sahabatnya, ”Maukah kalian aku tunjukkan amal yang lebih besar pahalanya dari salat dan puasa?. Yaitu engkau damaikan orang-orang yang bertengkar, dan barangsiapa yang ingin panjang usia dan banyak rezeki, sambungkanlah tali silaturahmi.”

Dalam Hadis lain, Rasulullah bersabda, ”Tebarkanlah salam, perkuat silaturahmi, santunilah fakir miskin, dan jangan tinggalkan salat malam,” (HR Muslim).

Rasulullah adalah teladan yang paling nyata dalam memberi maaf kepada musuh. Diriwayatkan oleh Abdullah bin ‘Auf: “Kami waktu itu sedang berkumpul bersama Rasulullah, lalu beliau bersabda: “Janganlah duduk bersamaku, orang yang memutuskan persaudaraan”, Mendengar ucapan tersebut, seorang pemuda berdiri meninggalkan majelis.”

Ternyata pemuda itu rupanya telah lama bertengkar dengan bibinya. Ia lalu minta maaf kepada bibinya dan bibinya pun memaafkannya. Setelah itu dia kembali ke majelis, Rasulullah bersabda: “Sesungguhnya rahmat Allah tidak akan turun apabila yang di situ ada orang yang memutuskan tali persaudaraan.”

Karena itulah, lebaran atau Idul Fitri adalah saat yang tepat untuk merajut tali persaudaraan. Sebagaimana dicontohkan Rasulullah dan digariskan dalam Alquran, bahwa setelah sebulan lamanya kita menjalankan ibadah puasa Ramadhan, maka alangkah meruginya bila kualitas ibadah sebulan penuh itu tanpa dilengkapi dengan saling memberi maaf dan meneguhkan kembali tali silaturahim. (khazanah.republika.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.