oleh

Inilah Bagian Mobil yang Harus Diperiksa Sebelum Mudik

PortalMadura.Com – Sebelum melakukan perjalanan panjang mudik, pengguna kendaraan sebaiknya melakukan pemeriksaan pada mobilnya. Ada beberapa pemeriksaan yang bisa dilakukan oleh pemilik kendaraan sebelum melakukan mudik seperti mesin dan ban.

Menurut Manager After Sales Service Department PT KIA Mobil Indonesia, Hendra Kurniawan, yang pertama, pengecekan engine oil bisa dilakukan dengan memastikan bahwa mesin memang menyala dengan baik.

“Itu memang jadi pengecekan awal yang standar,” katanya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Selain itu, masih menurut Hendra, pemilik harus kembali memeriksa tekanan ban yang sesuai dengan peraturan. “Di pintu bagian dalam, itu kan ada peraturan ban tekanannya harus berapa, dan itu harus diikuti,” katanya.

Selain tekanannya, menurut Hendra lagi, pengendara juga harus memastikan bahwa alat pembuka ban yang sesuai sudah dibawa. Ini untuk memudahkan penggantian ban pada saat diperlukan.

Lantas, untuk pemeriksaan selanjutnya, menurut Hendra adalah suspensi atau kaki mobil. Hal ini dilakukan agar perjalanan tetap nyaman meski melewati jalanan yang tidak rata.

Disebutkan Hendra, umur aki juga harus dipastikan sebelum berangkat. Namun ia menyarankan, untuk pemeriksaan aki ini lebih baik datang langsung ke bengkel.

“Karena sekarang banyak yang pakai aki kering, dan hanya di bengkel ada alatnya untuk baca kondisi aki,” katanya.(suara)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.