oleh

Inilah Cara Munculkan Foto yang Hilang di Memori HP

PortalMadura.Com – Jangan bersedih jika foto-foto kenangan Anda hilang dalam memori telepon genggam akibat kesalahan mengklik menu format. Hanya butuh sebuah pembaca kartu (card reader) untuk dipasangkan di komputer dan kartu memori penyimpan foto tersebut.

Langkah Pertama

Jangan lakukan apapun terhadap kartu memorinya saat sudah terformat. Termasuk tidak menggunakan kartu tersebut untuk menyimpan foto lain.

Langkah Kedua

Pilih aplikasi recovery. Bisa menggunakan Recuva untuk Windows atau PhotoRec untuk Mac. Kedua aplikasi tersebut gratis. Ada beberapa opsi, bahkan ada aplikasi yang juga sudah termasuk kartu memori dari vendor seperti Lexar atau SanDisk.

Langkah Ketiga

Instal aplikasi tersebut.

Langkah Keempat

Untuk pengguna Recuva, buka program dan pilih file apa yang ingin dikembalikan seperti musik, foto, video atau dokumen. Klik terus menunya hingga sampai ke layar di mana Anda ditanya soal sumber memori yang akan direcover.

Setelah itu, pasang memori kartu dan pilih lokasi folder penyimpanan foto dalam memori tersebut. Biasanya, folder tersebut bernama DCIM atau sesuai dengan nama kamera yang digunakan.

Langkah Kelima

Jalankan scan dan lihat file apa saja yang muncul. Apabila Anda hanya memilih foto saja, maka file yang akan muncul pada tahap ini biasanya hanya yang berformat JPEG.

Jika Anda juga mencari file mentah, Anda bisa menambahkannya pada opsi Switch to advanced mode dan menambahkan tipe file yang diinginkan.

Langkah Keenam

Pilih foto yang ingin ditarik kembali dan klik tombol Recover. Pilih lokasi untuk penyimpanan data tersebut. Sebaiknya disimpan di dekstop atau folder gambar dan jangan menyimpannya kembali di kartu memori.

Langkah Terakhir

Periksa kembali data atau file yang sudah di-recover.

Jika langkah di atas tak berhasil, ada pilihan dengan menggunakan aplikasi berbayar atau mendatangi jasa servis perbaikan data.(suara)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.