Inilah Kegunaan Fitur Traction Control pada Mobil yang Jarang Diketahui

Avatar of PortalMadura.com
Inilah Kegunaan Fitur Traction Control pada Mobil yang Jarang Diketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Di zaman yang semakin canggih seperti sekarang ini, beberapa mobil keluaran terbaru mulai dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan. Tidak cuma memanjakan penggunanya dari sektor hiburan, tapi juga dari segi keselamatan. Salah satunya dengan adanya fitur .

Lantas, apa sih sebenarnya fungsi fitur tersebut?. Lalu, bagaimana fitur ini bisa menjamin keamanan pengendara?. Anda penasaran?.

Fitur ini berguna untuk meminimalisir mobil tergelincir saat mobil diajak berbelok secara tajam. Tepatnya, traction control adalah fitur yang berguna untuk mencegah ban mengalami selip dan tergelincir saat kondisi jalan basah ketika berbelok menikung.

Selain itu, fitur ini bekerja secara otomatis, yaitu pengemudi tidak perlu melakukan apa pun, kecuali menekan tombol pengaktifan yang biasanya tersemat di dekat roda kemudi. Nah dengan fitur ini, mobil akan mendeteksi daya cengkeram pada setiap roda, kemudian melakukan pengereman pada roda yang mengalaminya.

Ketika berbelok menikung, pengemudi pada dasarnya harus mengontrol tiga hal sekaligus: yaitu akselerasi, pengereman dan kemudi. Tentu sedikit rumit untuk melakukannya, apalagi bila pengemudi tidak terlalu mahir. Namun, traction control inilah yang akan membantu pengemudi melakukan hal tersebut.

Sistem akan mengerem secara otomatis terhadap masing-masing roda, sehingga menjaga mobil untuk berbelok secara aman. Selain itu, power pada mesin juga disesuaikan agar roda tetap mempertahankan daya cengkeram.

Perlu Anda ketahui, bahwa pengereman pun tidak dilakukan sembarangan. Setiap roda akan diberikan kekuatan rem sendiri-sendiri yang bisa jadi tidak sama kuat, tergantung dengan kebutuhan roda itu sendiri. Sensor akan menilai seberapa kuat rem dibutuhkan pada satu roda. Dengan begitu, mobil tidak akan tergelincir karena roda yang tiba-tiba berhenti. (viva.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.