Inilah Langkah Mudah dan Aktif Belajar Biologi Bagi Pelajar

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah Langkah Mudah dan Aktif Belajar Biologi Bagi Pelajar
ilustrasi

PortalMadura.Com – Belajar biologi bagi sebagian siswa mungkin agak sulit, tapi sebenarnya tidak begitu kok. Jika kamu mengikuti beberapa metode belajar yang benar, belajar biologi akan sangat menyenangkan.

Ingin tahu bagaimana caranya agar belajar mudah dan aktif saat pelajaran biologi? Yuk, ikuti langkah di bawah ini.

Menumbuhkan Rasa Senang Terhadap Biologi

Cara termudah untuk menumbuhkan rasa senang terhadap Biologi adalah dengan menganggap buku Biologi sebagai buku bacaan yang menyenangkan, misalnya seperti buku cerita Harry Potter atau komik Crayon Sincan, sehingga kemana-mana selalu dibawa dan setiap ada waktu luang dapat dibaca. Disamping itu, untuk menumbuhkan rasa senang terhadap Biologi dapat pula dengan cara mengambil sesuatu yang menarik dari Biologi guna diperkenalkan kepada masyarakat. Misalnya mengambil gambar viruspenyebab penyakit AIDS, yaitu HIV ( Human Immunodeficiency Virus ) yang diperbesar dan disablonkan pada T-Shirt atau mengadakan penelitian di alam terbuka, praktikum di laboratorium dan sebagainya.

Secepat Mungkin Menyelesaikan Kesulitan

Bila kita sudah mulai senang dengan pelajaran Biologi, maka secara otomatis kita ingin mendalami Biologi. Namun tidak jarang pada saat kita membaca buku-buku Biologi tersebut terganggu dengan istilah-istilah yang kita belum mengenal atau pengertian-pengertian yang membingungkan.

Jika menemukan hal yang demikian, maka segera saja menanyakan jawabannya kepada bapak dan ibu guru Biologi atau kita dapat mencari jawabannya pada kamus Biologi. Sebab bila kesulitan-kesulitan tersebut dibiarkan sampai berlarut-larut maka motivasi kita dalam belajar Biologi akan menurun. Bila hal ini terjadi, maka kita akan menganggap pelajaran Biologi itu sulit.

Miliki Catatan dan Bandingkan

Karena biologi adalah bidang yang sangat abstrak, milikilah catatan. Setiap selesai pelajaran, bandingkan dengan catatan teman Anda, kemudian lengkapi apa yang kurang dari catatan Anda.

Jangan Batasi Ilmu Hanya di Kelas

Carilah hal-hal yang dapat membantu Anda untuk mempelajari Biologi diluar kelas. Misalnya, belajar di laboratorium, internet, atau diskusi dengan guru.

Sebenarnya mempelajri biologi sangat menyenangkan, tinggal bagaimana kita membuatnya menjadi lebih menarik. (berbagaisumber/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.