Inilah Pengganti Kulkas Tanpa Aliran Listrik

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah Pengganti Kulkas Tanpa Aliran Listrik
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kulkas merupakan salah satu kebutuhan rumah tangga modern. Namun, saat ada pemadaman listrik, maka kulkas itu tidak akan berfungsi.

Di beberapa negara, sudah ada warganya yang menggunakan pengganti kulkas. Manfaatnya sama, namun tidak memerlukan aliran listrik. Alat ini, juga cocok digunakan bila di daerah Anda tidak ada jaringan listrik.

1. Persiapan Bahan

Bahan-bahan untuk membuat pot in pot terdiri dari dua buah pot/guci yang berbeda ukuran (ada yang besar dan ada yang kecil), pasir, dan air.

Beri pasir pada dasar pot yang besar setinggi kira-kira 3 cm, lalu masukkan pot yang kecil ke dalam pot yang lebih besar itu.
gambar-1
2. Cara Membuat

Kemudian isilah pasir di celah antara kedua pot tadi, lalu siram air ke pasir tersebut hingga basah semua pasirnya. Biarkan semalam agar suhu di dalam pot menurun dan dingin sehingga siap untuk digunakan menjadi kulkas alami.
gambar-2
3. Cara Kerja Pot In Pot

Panas dari luar pot akan membuat air di dalam pasir menguap dan keluar melalui pori-pori pot besar, sehingga terjadi sirkulasi dengan udara kering di sekeliling pot in pot. Makanya suhu di dalam pot in pot bisa turun 15-25 derajat dari suhu di sekitarnya.
gambar-3
Jangan lupa tutup pot in pot dengan kain basah. Selamat mencoba!.(rumahku.com)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.