oleh

Inilah Resep Maknyus Cilok Bakar Pedas Manis yang Wajib Anda Coba

PortalMadura.Com – Adonan kanji yang ditusuk ini biasanya dikenal dengan sebutan cilok.  Camilan yang satu ini biasanya berada di pinggir jalan dan lumayan banyak diminati oleh orang. Pada umumnya cilok disajikan dengan saos tomat, sambal dan kecap serta ada juga dengan kuah bakso.

Namun jika Anda bosan dengan cilok yang seperti itu saja, Anda bisa mencoba resep baru yang tentunya lebih unik lagi dan enak jika disantap bersama keluarga dirumah. Resep barunya adalah cilok bakar pedas manis. Ingin tahu cara membuatnya? Berikut ini resep mudah membuat cilok bakar pedas manis:

Bahan yang Digunakan:

200 gr tepung terigu
200 gr tepung tapioca
2 batang seledri, iris halus
2 butir bawang merah, haluskan
4 siung bawang putih, haluskan
½ sdt merica bubuk
1 sdt kaldu ayam bubuk
Garam secukupnya
Air panas secukupnya

Bahan Isi (aduk rata):

150 gr kornet daging (Bisa diganti isi sesuai selera)
½ sdt merica bubuk
Garam secukupnya

Bumbu Pedas Manis:

6 butir bawang merah, haluskan
4 siung bawang putih, haluskan
3 buah cabai merah besar, haluskan
8 buah cabai rawit merah
2 sdm gula merah sisir
Garam secukupnya
Air secukupnya
Minyak goreng secukupnya
Kecap manis secukupnya

Cara Membuat:

Loading...

Langkah pertama, campur tepung terigu, tepung tapioka, seledri, bawang merah, bawang putih, merica bubuk, kaldu bubuk, dan garam. Kemudian tuang air panas sedikit demi sedikit sambil diuleni dengan tangan hingga adonan kalis (dapat dibentuk).

Didihkan air pada panci, ambil sedikit adonan, pipihkan, lalu beri adonan isi (kornet daging), kemudian bentuk bulat kecil. Masukkan ke dalam panci rebusan air. Lakukan cara tersebut hingga adonan habis.

Setelah adonan sudah didalam panci semua, masak hingga semua adonan terapung. Jika sudah terapung semua, angkat semua cilok sampai selesai dan tiriskan.

Langkah selanjutnya, kukus cilok selama 15 menit. Setelah 5 menit angkat semua cilok yang sudah dikukus tadi. Kemudian panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, dan cabai hingga harum. Masukkan gula merah, aduk rata dan tambahkan sedikit air. Bubuhi garam secukupnya dan aduk hingga merata.

Setelah semua bumbu tercampur rata, masukkan cilok yang telah dikukus kedalamnya dan kembali diaduk. Masak hingga bumbu meresap. Kemudian angkat cilok dan tusuk cilok menggunakan tusuk sate dengan jumlah sesuai selera. Lakukan cara tersebut sampai selesai.

Langkah terakhir bakar cilok di atas bara api sambil dibolak-balik dan diolesi dengan kecap manis. Bakar hingga matang dan berwarna kecoklatan. Sajikan cilok pada piring dan hidangkan selagi masih hangat.

Semoga resep diatas menjadi referensi buat kalian pencinta cilok yaa. Cukup mudah dan jelas bukan untuk dipraktekkan sendiri dirumah. Selamat mencoba! (resepseharihari.com/Qory)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar