iPhone SE, Smartphone Mungil Miliki Performa Canggih

Avatar of PortalMadura.Com
iPhone SE, Smartphone Mungil Miliki Performa Canggih
ilustrasi (solopos.com)

PortalMadura.Com – Apple sudah merilis terbarunya, yakni iPhone SE. Smartphone baru ini memiliki layar mungil seluas 4 inci. Meski ukuran layarnya mungil, iPhone SE ini diklaim memiliki performa canggih seperti iPhone 6S.

Apple sendiri tidak menjelaskan apa kepanjangan dari “SE” namun banyak yang berspekulasi kalau itu adalah kependekan dari ‘Special Edition.'

Berikut ulasan iPhone SE:

Desain
Seakan-akan mendobrak apa yang menjadi tren sekarang, yakni layar smartphone yang makin melebar, iPhone SE justru mengedepankan mungilnya layar. Smartphone ini memiliki layar 4inci dan mempunyai dimensi yang sama dengan iPhone 5s.

Bahkan secara desain iPhone SE sangat identik dengan iPhone 5s, termasuk bagian pinggirannya yang menyiku. Perbedaannya adalah iPhone SE akan menggunakan sentuhan ‘matte.' Hal ini diharapkan membuat iPhone SE lebih nyaman untuk digenggam. Smartphone ini muncul dengan empat warna, ‘space grey,' silver, gold, dan rose gold.

Dalaman
Di samping desain dan bentuknya yang mungil, iPhone SE tidak kalah dengan pendahulunya. A9 prosesor yang lebih cepat dan M9 motion co-prosessor akan memotori smartphone ini.

Dengan kata lain, iPhone SE memiliki kekuatan dapur pacu yang sama dengan iPhone 6s, namun lebih nyaman untuk disaku. Model ini juga akan dilengkapi NFC Chip untuk memfasilitasi Apple Pay, dan fitur Always-on.

Namun, meski iPhone SE digadang-gadang adalah iPhone 6s versi ‘compact,' fitur 3D Touch pressure-sensitive display tidak melengkapi smartphone ini, layaknya iPhone 6s. Fitur flagship ini, memungkinkan kita ‘berbuat lebih' dalam menggunakan aplikasi, karena kekuatan atau durasi ketukan di layar akan menghasilkan perintah yang berbeda pula.

Apple juga menyatakan bahwa iPhone SE dapat meraih kecepatan LTE yang 50 persen lebih cepat ketimbang generasi sebelumnya. Dengan chip A9 terbaru, yang juga dilengkapi dual-core Apple Twister CPU dan PowerVR GT7600 GPU, iPhone SE menjanjikan performa CPU 2x lebih cepat dari iPhone 5s, dengan kualitas grafis 3x lebih baik.

Software
iPhone SE sudah dilengkapi iOS 9.2 terbaru, yang rilis memang bersamaan. Fitur baru yang akan muncul adalah ‘Night Mode,' yang dapat mengubah warna dan kecerahan dari layar, sehingga dapat menyesuaikan mata kita di kondisi malam hari.

Selain itu, terdapat aplikasi bawaan seperti Notes dengan proteksi password, aplikasi kesehatan, dan beberapa fitur baca berita. Selain itu, aplikasi CarPlay, aplikasi yang dapat mengontrol pemutaran media di mobil, mendapat lebih banyak sokongan dari berbagai produsen mobil.

Kamera
Kamera juga mengalami peningkatan, dengan 12 megapixel sensor dan kemampuan untuk mengambil video 4K. Kamera ini adalah kamera yang sama dengan yang kita temui di iPhone 6s dan 6s Plus.

Apple juga menambahkan flash di kamera depan, seperti yang bisa kita temui di iPhone 6s. Dengan ini, foto selfie akan selalu berada di kondisi cahaya yang cukup.

Harga
Akan ada dua model dari iPhone SE, yakni versi 16GB dan 64GB, dengan harga 5,2 juta rupiah dan 6,5 juta rupiah. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.