oleh

Italia Catat Kematian Pertama Akibat Covid-19

PortalMadura.Com – Italia melaporkan kematian pertama akibat wabah virus korona baru, Covid-19, beberapa jam setelah 10 kota dikunci menyusul bertambahnya kasus-kasus baru, lansir media lokal, Sabtu (22/2/2020).

Kantor berita ANSA mengutip Kepala Daerah Veneto Luca Zaia yang mengatakan bahwa seorang pria berusia 78 tahun meninggal dunia pada Jumat malam.

Menurut Zaia, lansia itu telah menjalani perawatan di rumah sakit selama 10 hari dan merupakan satu dari dua orang yang terinfeksi Covid-19 di wilayah utara.

Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengatakan kepada wartawan setelah KTT Uni Eropa di Brussels pada Jumat bahwa negaranya siap untuk mengelola wabah virus korona.

“Masyarakat tidak perlu khawatir … Semuanya terkendali,” kata Conte.

Menteri Kesehatan Roberto Speranza mengatakan Italia sedang mempelajari peraturan baru untuk membatasi penyebaran wabah di wilayah Veneta utara.

Sebelumnya, Speranza mengatakan jumlah yang didiagnosis terinfeksi Covid-19 naik menjadi 14 orang.

Italia mulai menghentikan semua acara publik, kegiatan komersial dan sekolah serta memerintahkan penutupan ruang publik pada Jumat karena wabah virus korona di 10 kota bagian utara.

Pada Jumat, Otoritas China mengumumkan jumlah korban tewas akibat Covid-19 telah meningkat menjadi 2.238 orang.

Selain China, virus korona mematikan itu telah menyebar ke lebih dari 20 negara, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Singapura, Prancis, Rusia, Spanyol, dan India.

Sejumlah negara juga sudah mengevakuasi warganya dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, di mana virus itu pertama kali diidentifikasi.

Bulan lalu, WHO mendeklarasikan wabah virus korona sebagai darurat kesehatan global.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Anadolu Agency
Tirto.ID
Loading...

Komentar