oleh

Jaga Kesehatan Mental dan Fisik Saat Berlibur dengan 5 Cara Ini

PortalMadura.Com – Menjaga kesehatan ketika berlibur merupakan salah satu hal penting. Karena saat berlibur bersama keluarga dan ke tempat yang cukup jauh butuh stamina dan kondisi yang baik, agar bisa menikmati pengalaman baru dan bersantai.

Agar tidak ada gangguan selama berlibur, sebaiknya Anda mengonsumsi vitamin dan memilih jenis-jenis makanan yang sehat untuk Anda konsumsi. Selain itu, kesehatan mental juga perlu dijaga. Karena kondisi mental yang sehat bisa membuat kesehatan fisik juga terjaga secara tepat.

Dilansir PortalMadura.Com, Rabu (4/9/2019) dari laman merdeka.com yang mengutip dari Medical Daily, berikut beberapa cara menjaga kesehatan mental dan fisik pada saat liburan:

Lakukan Persiapan

“Tenangkan diri Anda sebelum pergi,” terang Dr. Indra Cidambi, psikiater.

“Miliki rencana terhadap tempat tertentu sebelum Anda berlibur. Jadi ketika Anda merasa cemas, Anda sudah mengetahui harus melakukan apa,” sambungnya.

Persiapkan segala hal secara rinci dan teliti, mulai dari tiket, reservasi penginapan, serta rencana tempat-tempat yang akan Anda kunjungi. Selain itu, Dr. Cidambi juga menyarankan agar Anda mendengarkan lagu yang menenangkan hati agar lebih tenang.

Jaga Kebersihan

Selalu pastikan untuk membawa sejumlah hal yang bisa membantu Anda menjaga kebersihan seperti tisu, tisu basah, dan hand sanitizer. Anda tidak bisa memastikan kebersihan tempat yang Anda kunjungi atau kursi pesawat tempat Anda duduk.

Meja di restoran tempat Anda makan juga bisa menjadi sarang dari sejumlah kuman dan bakteri. Jika sejumlah bakteri dan kuman ini masuk ke tubuh, Anda bisa mengalami masalah kesehatan sehingga penting untuk selalu menjaga kebersihan.

Loading...

Berjalan-Jalan

Ketika sampai di tempat tujuan, sebaiknya segera berjalan-jalan ke sekeliling karena merupakan hal yang penting saat liburan. Berjalan selama 20 hingga 30 menit untuk mendapat udara segar.

Selain itu, hal ini juga merupakan cara untuk melemaskan otot setelah duduk lama di perjalanan. Cara ini juga dapat dilakukan untuk membiasakan diri terhadap tempat baru.

Baca Juga: Produksi Tembakau di Sumenep Diprediksi Capai 8.600 Ton

Berolahraga di Kamar Hotel

Sebaiknya Anda memanfaatkan kamar hotel untuk berolahraga. Tidak butuh ruangan terlalu besar untuk bisa berolahraga di kamar hotel ini.

Anda bisa melakukan olahraga seperti pushup, situp, dan plank di kamar hotel untuk mendapat manfaat ini. Anda juga bisa memanfaatkan berbagai benda di kamar seperti kursi dan kasur untuk melakukannya.

Lupakan Pekerjaan

Ketika berlibur, penting untuk meninggalkan pekerjaan sepenuhnya. Bekerja sambil berlibur bisa membuat diri Anda semakin stres dan tidak bisa menikmati liburan sepenuhnya.

Hindari untuk mengecek email atau membahas pekerjaan dengan teman Anda. Sebaiknya senyapkan email atau grup yang berhubungan dengan pekerjaan agar Anda bisa benar-benar berlibur dengan nyaman.

Sejumlah hal ini bisa membantu Anda untuk menjaga kesehatan fisik dan mental selama liburan. Kondisi sehat ini bisa membantu membuat liburan Anda semakin nyaman dan menyenangkan.


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: merdeka.com
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar