oleh

Jahe: Obat Alami untuk Atasi Nyeri Sendi, Bengkak dan Pegal-pegal

PortalMadura.Com – Pada saat usia sudah tidak muda lagi atau tua biasanya penyakit rawan ditemui di dalam tubuh seseorang. Bukan hanya mengganggu aktivitas sehari-hari, tentunya hidup ini tidak akan senyaman seperti biasanya. Beberapa penyakit itu seperti nyeri sendi, pegal-pegal, bengkak dan lain sebagainya.

Sebagian orang mengatasi masalah sendi ini dengan cara mengonsumsi obat-obatan dari apotek. Tidak dapat dipungkiri obat ini biasanya mengandung efek samping yang belum tentu cocok bagi tubuh Anda. Nah, daripada masalah sendi bertambah parah lebih baik Anda mengonsumsi obat alami yang ada di dapur yaitu jahe.

Pasalnya, rimpang satu ini mempunyai sejarah panjang sebagai obat alami yang mampu menyembuhkan banyak penyakit. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jahe punya efek menyembuhkan inflamasi atau pembengkakan pada tubuh bagian dalam. Manfaat hebat jahe lainnya yaitu mampu meredakan pembengkakan dan peradangan pada area sendi ini.

Bahkan, the Arthritis Foundation menyarankan banyak orang mengonsumsi jahe sebagai salah satu obat berbahan alami untuk menghilangkan rasa nyeri dan sakit saat arthritis menyerang. Penelitian yang dilakukan di University of Miami juga mendukung hal ini, menyarankan adanya suplemen jahe sebagai obat alami pengganti obat kimia anti-inflamasi yang sering diresepkan dokter.

Dalam penelitian tersebut, uji coba dilakukan pada 247 pasien osteoarthritis (kondisi lebih parah dari arthritis) untuk mengonsumsi ekstrak jahe dengan dosis tertentu dan menemukan bahwa konsumsi jahe bisa mengurangi rasa nyeri dan kebas (mati rasa) pada sendi lutut dan beberapa sendi yang sering mengalami nyeri hingga 40 persen.

Selain memiliki sifat anti-inflamasi, jahe juga bersifat anti-luka dan bersifat analgesik (meredakan nyeri dan rasa sakit). Jahe juga punya kandungan antioksidan tinggi yang mampu memperkuat kekebalan tubuh sehingga tubuh bisa melawan rasa sakit lebih baik.

Jadi, jika kakek nenek atau ayah dan ibu Anda punya riwayat sakit arthritis atau sering nyeri sendi, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menyeduhkan jahe hangat untuk mereka setiap hari. Semoga dengan ramuan ini kesehatan Anda dan keluarga kembali baik. Selamat mencoba. (vemale.com/Putri)