Jalan Beton Bikin Ban Mobil Cepat Aus, Benarkah?

Avatar of PortalMadura.com
Jalan Beton Bikin Ban Mobil Cepat Aus, Benarkah?
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kondisi jalan yang ada di Indonesia saat ini tidak hanya dilapisi dengan aspal tapi ada beberapa juga yang sudah menggunakan beton. Pasalnya, kontur jalan yang berbeda ini ternyata bisa mempengaruhi keausan .

Sebagaimana menurut Driving Pleasure (PDP) Businesss Manager Michelin Indonesia, Refil Hidayat Premium mengatakan bahwa, mobil yang kerap melewati jalanan berlapis beton karet ban-nya tentu akan lebih cepat habis.

Baca Juga

“Sebenarnya tingkat keausan ban itu memang benar dipengaruhi sama kontur jalan. Kalau misalnya jalanan betonnya kasar, pasti akan lebih cepat habis dibandingkan dengan jalanan aspal halus,” kata Refil.

Refil mengatakan, saat mobil melintasi jalanan yang hanya menggunakan beton, maka gesekan antara karet ban dengan permukaan jalan menjadi lebih keras. Hal ini membuat karet tapak ban menjadi lebih cepat terkikis.

Selain itu, suhu permukaan jalan baik aspal maupun beton, juga menjadi salah satu penyebab karet bundar ini semakin menipis.

“Tergantung tingkat panas permukaan jalanannya juga. Jalanan di daerah dingin jika dibandingkan dengan wilayah pinggir pantai misalnya, ini sama-sama berpengaruh untuk keawetan ban. Jadi sebetulnya yang mempengaruhi banyak, bukan cuma soal beton atau aspalnya saja,” kata dia. (viva.co.id/Putri)

Dapatkan Barang Elektronik Dengn Harga Termurah Cek >> Rekomendasi Elektronik.
Jangan Lupa Ikuti kami di Google Berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.