oleh

Jalan Tembus Ini Kembalikan Aura Masa Kejayaan Keraton Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Pembangunan jalan tembus dari Keraton Sumenep, Madura, Jawa Timur menuju Masjid Jamik sudah tuntas dikerjakan.

Jalan tembus tersebut dari Jl. dr. Soetomo melintasi bagian tengah taman bunga (TB) ke arah barat. Untuk sampai ke masjid yang di bangun Raja Sumenep itu perlu menyebrang jalan utama kota, Jl. Trunojoyo.

Sudut Jalan Tembus Menuju Masjid Jamik Keraton Sumenep (Foto. Ifa Yunita)

“Pembangunan jalan tembus tersebut dimaksudkan untuk mengembalikan aura ke masa kejayaan Keraton Sumenep tempo dulu,” terang Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman, dan Cipta Karya Kabupaten Sumenep, Bambang Irianto, Jumat (2/12/2018).

Ia menjelaskan, tempo dulu ada jalan tembus dari keraton menuju masjid. “Jadi, ini mengembalikan fungsinya seperti masa kejayaan keraton,” ucapnya.

Pembangunan jalan tembus tersebut merupakan saran dari sesepuh Sumenep. Selain memang seralas dengan program pembangunan kawasan strategis nasional (KSN) pusat kota Sumenep.

Dana pembangunan jalan tembus disiapkan Rp5 miliar yang merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

“Programnya dilaksanakan Satker Penataan Bangunan dan Lingkungan (PBL) Jawa Timur,” terangnya.

Pantauan PortalMadura.Com, pembangunan jalan tembus tersebut masih butuh finishing, seperti air mancur belum berfungsi.(Hartono)

Loading...