Jangan Anggap Sepele, Ini 3 Penyebab Hidung Tersumbat

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Anggap Sepele, Ini 3 Penyebab Hidung Tersumbat
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Hampir setiap orang pernah mengalami . Penyakit ini tidak hanya menyerang orang dewasa tapi bayi pun juga pasti pernah mengalaminya. Entah terjadi pada salah satu rongga hidung atau juga kedua-duanya.

Permasalahan ini tentu akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Bukan hanya aktivitas sehari-hari saja yang terganggu, saat tidur pun biasanya akan mudah terbangun lantaran sulit bernapas. Pasti sangat menyebalkan bukan?.

Nah, sebelum Anda mengatasinya dengan obat flu, lebih baik Anda mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Setelah tahu pemicunya maka Anda bisa mengobatinya sehingga bisa kembali bernapas lega dengan cepat.

Lantas, Apa saja penyebabnya?. Berikut penjelasannya:

Alergi atau Infeksi
bisa dikarenakan alergi pada saluran hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Ketika timbul reaksi alergi, cairan hidung akan keluar berwarna bening.

Sedangkan saat infeksi, cairan hidung biasanya berwarna kuning atau kehijauan, misalnya saat flu.

Baik alergi maupun infeksi, cairan pada rongga sinus sebenarnya merupakan bentuk pertahanan diri saat daya tahan tubuh menurun. Cairan inilah yang membuat saluran sinus tertutup dan membengkak sehingga hidung menjadi tersumbat.

Sinusitis
Ada delapan rongga sinus dalam tubuh Anda. Letaknya di area dahi, di antara kedua mata, rongga pipi, dan pilipis kanan kiri pada kepala. Ketika cairan dari rongga sinus tidak bisa mengalir di hidung, udara akan terjebak di dalamnya sehingga menyebabkan pusing.

Inilah yang disebut dengan sinusitis. Penyakit ini terjadi ketika cairan menumpuk di rongga sinus setelah terinfeksi kuman, penderitanya tidak hanya karena memiliki alergi tetapi juga disebabkan faktor keturunan.

Muncul Polip di Hidung
Polip atau benjolan tidak normal yang bersifat jinak bisa menyebabkan hidung tersumbat. Penyakit ini disebabkan karena sinusitis yang tidak diobati dengan baik.

Memiliki polip bukan berarti harus berakhir di meja operasi. Dokter akan memberikan obat-obatan terlebih dahulu untuk mengecilkan atau bahkan melenyapkan polip.

Jika Anda tengah mengalami hidung tersumbat karena influenza, sebaiknya mengonsumsi makanan dan minuman yang melegakan hidung. Sebaiknya tidak mengonsumsi antibiotik atas inisiatif sendiri, karena antibiotik dapat membunuh bakteri baik dan bisa mengurangi kekebalan tubuh. Semoga bermanfaat. (dream.co.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.