Jangan Biarkan Ada Kerikil di Sela-sela Ban, Ini Efeknya

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Biarkan Ada Kerikil di Sela-sela Ban, Ini Efeknya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Tinggal di daerah yang memiliki aspal rusak dan banyak pasirnya biasanya akan membuat Anda merasa kesal. Bukan hanya tidak baik bagi keselamatan, hal ini juga bisa berpengaruh pada kondisi ban motor Anda.

Pasalnya, kerikil yang menempel itu justru bisa merobek ban Anda. Akan tetapi, sebagian orang masih membiarkannya dan menganggap bahwa hal itu akan hilang dengan sendirinya. Padahal, jika terjadi secara terus-menerus bukan tidak mungkin Anda akan mengganti ban motor dengan yang baru. Jadi, Anda perlu mencopot kerikil tersebut agar tidak membuat ban bocor.

Menurut Technical Manager ban IRC dari PT Gajah Tunggal, Yulfachmi, mengatakan bahwa kerikil bisa merobek ban. Apalagi jika kerikilnya tajam.

“Kerikil yang menempel di sela-sela kembangan ban bisa melukai karet. Kalau dibiarkan saja bisa sedikit merobek ban, tapi lama-kelamaan bisa melebar,” ujarnya.

Jika robekan semakin besar, maka tentu ia mungkin bisa menembus ban. Ban pun bisa bocor. Tentu ini akan merugikan sekaligus membahayakan pengguna kendaraan.

Selain itu, kenyamanan berkendara pun bisa berkurang. Pasalnya, kerikil yang ada di kembangan menghambat gerakan ban. Padahal, ban sudah dirancang sedemikian rupa agar kontur karet bisa menyesuaikan diri dengan kondisi jalan.

Lantas, bagaimana caranya agar hal ini tidak terjadi?. Caranya bisa dengan mengecek ban secara langsung dan mencopot kerikil yang terlihat. Fachmi juga menyarankan untuk meminimalisasi kerikil, bisa juga dengan menjaga kecepatan.

“Idealnya mengurangi kecepatan di jalan berkerikil,” ujarnya. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.