oleh

Jangan Biarkan Madura Jadi Provinsi Kartel

PortalMadura.Com, Bangkalan – Isu pembentukan provinsi Madura terus bergulir. Beberapa kegiatan dan seminar diselenggarakan. Tujuannya untuk menyerap aspirasi dan kesiapan masyarakat Madura menyongsong kemandiriannya lepas dari Jawa Timur. Akan tetapi, isu, kegiatan dan seminar tentang Provinsi Madura hanya berkutat di orang-orang elite saja.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Madura Institut, Bagus Ilham. Menurutnya, isu Provinsi Madura tidak diimbangi oleh kajian dan persiapan yang komprehensif.

“Madura sebagai provinsi bukan sekadar lepas dari Jawa Timur. Tapi Madura harus benar-benar mandiri,” ujar Bagus, Jumat (8/4/2016).

Loading...

Menurutnya, sejauh ini, pihak-pihak yang mengatasnamakan Provinsi Madura belum punya program-program yang mampu membangkitkan kesadaran dan partisipasi masyarakat Madura dalam membangun Madura. Menurut Bagus, sejarah histori berdirinya Provinsi Madura merupakan keniscayaan. Hal itu mengingat potensi SDA dan SDM yang mumpuni.

“Kami kira, Madura sebagai provinsi bukan sekadar kemandirian dan tata kelola di bidang tekniknya saja. Madura itu unik dan komplek. Makanya, harus ada persiapan yang matang, kajian yang komprehensif untuk Provinsi Madura yang madani,” tegasnya.

Alumni Universitas Negeri Surabaya ini juga menghimbau, keinginan membentuk Provinsi Madura jangan sampai menjadi lahan ‘properti’ elite politik dan pengusaha Madura.

“Dalam arti, Provinsi Madura harus lahir dari keinginan luhur masyarakat Madura. Bukan ambisi para pengusaha dan elite penguasa,” pungkasnya. (rls/choir)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar