oleh

Jangan Biasakan Tekan Tombol ‘Snooze’ Ketika Alarm Berbunyi, Ini Efeknya

PortalMadura.Com – Alarm sering kali diandalkan orang untuk bangun pagi. Namun pada umumnya, ketika alarm berbunyi banyak yang menekan tombol snooze atau tunda dan kembali tidur selama beberapa menit.

Perlu Anda ketahui, ternyata kebiasaan tersebut dapat merugikan kesehatan, karena menyebabkan tubuh dan otak menjadi bingung.

Pakar dari Sleep Clinic Services, layanan untuk mengatasi masalah tidur dari Australia, mengatakan kebiasaan menekan tombol “snooze” dapat menyebabkan bertambahnya periode inersia.

Tidur inersia merupakan perasaan grogi atau pusing yang diderita banyak orang ketika bangun tidur. Kondisi ini biasanya terjadi 15 hingga 30 menit karena pikiran dan tubuh secara bertahap “bangun” dan menjadi lebih waspada.

Kebiasaan menunda bangun dan memilih tidur lagi selama beberapa menit setelah alarm berbunyi akan membuat rasa pusing itu bertahan lebih lama, bahkan sampai berjam-jam kemudian. Dengan demikian, efeknya sudah bisa diduga, badan menjadi lemas, sulit konsentrasi, bahkan terus mengantuk.

Selain itu, ketika kita menekan tombol snooze dan kembali tidur, hormon akan dilepaskan dan mengelabui tubuh kita dan mengira kita akan kembali tidur nyenyak.
Dan bila tiba-tiba bangun setelah 10 menit dari keadaan tidur nyenyak, ini dapat membuat kita bangun dengan kondisi kurang segar karena tidur inersia.

“Kita semua melakukan kesalahan karena menekan ‘snooze’ pada alarm untuk kembali tidur 10 menit saja,” kata pakar kesehatan tidur Neil Robinson.

Namun, Anda tak perlu khawatir, karena ada beberapa tips untuk mengembalikan kesegaran setelah tidur, salah satunya adalah langsung bangun setelah alarm berbunyi dan menikmati secangkir kopi.

Bila sehari-hari selalu mengantuk dan lemas, mungkin jam tidur kita memang kurang atau tanpa disadari kita mengorok saat tidur dan mengalami sleep apnea. Maka dari itu, sebaiknya cari tahu apa penyebab jarangnya merasa segar setelah bangun pagi.

Itulah efek yang ditimbulkan karena menekan tombol snooze ketika alarm berbunyi. Semoga bermanfaat. (kompas.com/Nanik)