Jangan Dengarkan Musik Pakai Earphone Saat Berkendara, Ini Bahayanya

Avatar of PortalMadura.com
Jangan-Dengarkan-Musik-Pakai-Earphone-Saat-Berkendara,-Ini-Bahayanya
Ilustrasi (Dream.co.id)

PortalMadura.Com – Hampir semua orang menyukai musik, karena musik itu sangat mengasyikkan. Apalagi musik yang didengarkan itu adalah lagu kesayangan atau favorit, kapanpun dan di manapun terkadang sebagian orang sampai lupa diri.

Tapi ingat, mendengarkan musik itu sebenarnya harus tahu tempat, misalnya saat lagi berkendara. Anda disarankan untuk tidak menggunakan saat mengendarai motor. Karena, hal itu tidak hanya membahayakan diri sendiri tapi juga orang lain.

Bagaimana tidak, saat lagi asyik-asyiknya mendengarkan lagu, tentunya mereka akan menghayatinya sehingga lupa sedang melakukan hal lain. Dengan begitu, penggunaan earphone dapat menyebabkan pengendara tidak waspada akan adanya suara-suara darurat di jalan raya, seperti klakson, sirine ambulance, sirine polisi, atau bunyi sirine pintu palang kereta api.

“Suara atau peringatan tersebut tidak boleh kita abaikan, karena merupakan beberapa peringatan yang bertujuan untuk mengetahui dan mengkondisikan jalan raya agar lebih aman dalam keadaan darurat,” terang Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, seperti dilansir PortalMadura.Com, Kamis (7/1/2021) dari laman Liputan6.com.

Tidak hanya itu, mendengarkan musik via earphone dengan volume suara yang keras ketika berkendara dapat menghilangkan fokus seorang pengendara.

Karena terlalu asik bernyanyi bisa saja seseorang membagi konsenstrasi mereka saat berkendara sehingga tidak bisa mengendalikan sepeda motor ketika ada situasi bahaya mendadak di jalan raya. Bayangkan saja, bagaimana jika kemudian ada pengendara lain di depan Anda?. Bukan tidak mungkin akan membahayakan nyawa Anda.

Pada sisi lain, volume suara earphone yang terlalu kencang saat mendengarkan musik juga dapat menghilangkan suara-suara ketika terjadi sesuatu pada kendaraan Anda.

“Misalkan ketika ada suara mesin yang tidak biasanya atau pada roda-roda sepeda motor yang kita gunakan sehingga dapat membahayakan pengendara,” ujar Ludhy.

Tidak hanya itu saja, masih banyak lagi potensi bahaya yang harus Anda prediksi untuk meminimalisir terjadinya suatu kecelakaan, terpenting adalah kendalikan kecepatan sesuai aturan, gunakan perlengkapan berkendara yang aman.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.