oleh

Jangan Diabaikan! Ini 4 Efek Samping Konsumsi Buah Semangka di Malam Hari

PortalMadura.Com – Mengonsumsi buah semangka di musim panas seperti sekarang ini memang bisa menyegarkan tubuh. Baik buah ini dikonsumsi sebagai campuran es buah atau dimakan secara langsung.

Apalagi, semangka termasuk buah yang kaya manfaat kesehatan dan mengandung banyak air untuk melembapkan tubuh Anda. Namun, mengonsumsi semangka di malam hari justru tidak disarankan. Sebab, kebiasaan ini akan memberikan efek samping pada tubuh.

Nah, berikut ini empat efek samping dan ketidaknyamanan mengonsumsi semangka di malam hari:

Perut Kembung
Salah satu efek samping mengonsumsi semangka di malam hari adalah perut kembung. Apalagi mengonsumsi semangka setelah makan malam. Karena, umumnya buah semangka ini dikonsumsi saat perut masih kosong.

Sakit Perut
Semangka yang mengandung banyak vitamin C justru tidak baik dikonsumsi malam hari. Karena kandungan yang terdapat pada buah semangka akan menyebabkan gejala diare dan mengganggu pencernaan. Selain itu, kandungan likopen dalam buah ini juga bisa membuat Anda sakit perut hingga harus bolak-balik toilet semalaman.

Loading...

Baca Juga: Buah Semangka, Si Merah yang Punya Segudang Manfaat untuk Kecantikan

Sering Buang Air Kecil
Semangka termasuk buah yang tinggi kandungan air hingga 90 persen, maka mengonsumsi semangka di malam hari akan membuat Anda sering buang air kecil.
Kondisi ini akan mengganggu waktu tidur malam Anda, karena harus bolak-balik pergi ke toilet untuk buang air kecil.

Gangguan Tidur
Akibat efek samping semangka yang membuat sering buat air kecil dan sakit perut di malam hari, tentu saja kondisi ini akan mengganggu waktu tidur Anda. Maka dari itu, dokter menyarankan untuk menghindari konsumsi buah semangka malam hari atau menjelang tidur. Setidaknya, konsumsi buah semangka ini 3-4 jam sebelum tidur.


Rewriter : Salimah
Sumber : suara.com

Komentar