Jangan Diabaikan! Ini 5 Gejala Tubuh Kekurangan Serat

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Diabaikan! Ini 5 Gejala Tubuh Kekurangan Serat
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Serat merupakan sumber nutrisi yang kerap diremehkan. Padahal, bahan makanan berserat memperlancar sistem transportasi di dalam usus dan menjaga tubuh tetap sehat.

Jadi, jangan sampai Anda kekurangan serat setiap harinya. Karena jika tidak, ada efek negatif yang bisa ditimbulkan pada kesehatan Anda. Seperti lima gejala berikut yang tidak boleh sampai diabaikan:

Gampang Lapar Meski Baru Selesai Makan
Anda bisa kenyang lebih lama dengan makan-makanan yang kaya serat dibandingkan makanan yang kaya karbohidrat. Hal ini karena kandungan serat bisa membentuk materi yang mirip gel di saluran pencernaan yang membuat penyerapan nutrisi di aliran darah lebih lambat.
Jadi efek kenyangnya lebih lama. Kalau Anda sering gampang merasa lapar meski baru selesai makan, ada kemungkinan tubuh Anda sebenarnya kurang serat.

Kekurangan Energi
Kalau habis makan-makanan kaya karbohidrat, energi bisa meningkat dalam sekejap tapi kemudian jadi gampang capek kemudian. Tubuh pun akan memproduksi lebih banyak insulin yang menyebabkan perubahan energi yang tiba-tiba. Sementara kalau mengonsumsi makanan yang kaya serat, gula darah akan meningkat perlahan sehingga kadar energi yang dimiliki tubuh akan tercukupi dengan baik.

Susah Buang Air Besar
Kalau Anda susah buang air besar atau sembelit, kemungkinan besar tubuh Anda kekurangan serat. Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh agar pencernaan berjalan lancar.

Susah Menurunkan Berat Badan
Nah, ini nih yang mungkin jadi penyebab Anda susah diet atau susah menurunkan berat badan. Kalau Anda susah mengurangi berat badan, ada kemungkinan tubuh Anda kekurangan serat.

Memiliki Masalah Jantung
Serat bisa bekerja maksimal dengan nutrisi lain seperti zat besi, zinc, dan vitamin B untuk menurunkan kadar kolesterol. Kalau Anda memiliki masalah atau gangguan dengan jantung, coba ubah pola makan dengan mencukupi kebutuhan serat dengan lebih baik.

Demikian 5 gejala umum yang akan Anda rasakan kalau tubuh kekurangan serat. Tapi kalau kondisi tubuh Anda terasa makin memburuk, jangan ragu untuk segera menghubungi dokter ya. Semoga bermanfaat. (vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.