Jangan Diabaikan, Wajib Periksa 7 Komponen Mobil Ini Sebelum Mudik Lebaran

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Diabaikan, Wajib Periksa 7 Komponen Mobil Ini Sebelum Mudik Lebaran
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mayoritas masyarakat Tanah Air akan pulang ke kampung halaman untuk berkumpul bersama sanak keluarga dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Beberapa masyarakat memilih menggunakan mobil pribadi sebagai transportasi mudik.

Pasalnya, mereka menganggap menggunakan mobil pribadi lebih murah dari sisi anggaran. Bagi yang memilih menggunakan mobil, pastikan kendaraan dalam kondisi prima. Hal ini untuk mencegah mobil secara tiba-tiba rusak atau mogok di jalan.

Maka dari itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lakukan tujuh cara berikut ini agar perjalanan mudik Anda lebih aman dan nyaman:

Cek Mesin
Sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan memeriksa kondisi mesin ke bengkel. Jika perlu, lakukan servis tune-up serta ganti oli mesin agar mesin berada pada kondisi prima dan dapat bekerja secara maksimal selama perjalanan mudik.

Cek Air Radiator
Ingat untuk memeriksa tinggi air radiator. Jika tinggi radiator sudah mendekati batas minimum, isi air radiator hingga batas maksimal. Hal ini penting, karena radiator dapat mendinginkan mesin dengan maksimal. Terlebih perjalanan mudik pasti akan menghadapi macet, sehingga mesin mobil akan mudah panas.

Cek Rem dan Kaki-kaki Mobil
Mendeteksi kondisi rem dapat dicermati ketika kendaraan melaju. Jika laju kendaraan terasa seperti terhambat atau kecepatan kendaraan turun secara drastis, pemilik harus segera memeriksa kondisi rem.

Sebab, jika dibiarkan terhambat atau bergesekan terlalu lama akan menyebabkan rem blong atau tidak berfungsi. Selain itu, periksa juga kondisi suspensi. Karena komponen ini yang sangat menentukan kenyamanan berkendara sepanjang perjalanan.

Cek Ban
Pengecekan ban bersifat wajib bagi pemilik kendaraan yang hendak melakukan perjalanan jauh. Pengecekan meliputi tekanan angin, ban cadangan, serta kondisi kebotakan ban. Jika memaksakan ban yang sudah tipis saat mudik, risiko ban pecah saat mobil sedang melaju cukup tinggi.

Cek Lampu
Periksa apakah seluruh lampu di mobil berfungsi dengan baik. Lampu yang perlu diperiksa adalah lampu utama, lampu jauh, lampu kabut, lampu rem dan lampu sein.

Selain berfungsi untuk membantu penglihatan saat berkendara di malam hari, lampu-lampu tersebut juga berdampak pada keamanan berkendara.

Baca Juga: Guys, Kenali 5 Penyebab Mobil Terbakar

Cek Wiper
Dalam kondisi terawat, karet wiper akan berfungsi secara optimal. Hal ini sangat membantu saat berkendara pada kondisi hujan deras. Karet yang sudah getas akan menyebabkan kaca buram dan garis-garis saat digunakan.

Cek STNK
Hal yang terakhir, jangan lupa untuk memeriksa surat-surat mobil. Pastikan STNK dan pajak mobil dalam keadaan hidup. Hal ini untuk mengantisipasi jika terkena razia atau diberhentikan oleh pihak berwenang.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.