oleh

Jangan Gunakan Headset Saat Tidur, Ini Bahayanya

PortalMadura.Com – Setiap orang memiliki kebiasaan sebelum tidur, ada yang harus membaca sebelum tidur, mandi sebelum tidur dan mendengarkan musik saat tidur. Jika Anda memiliki kebiasaan mendengarkan musik saat tidur dan menggunakan headset, maka Anda harus tau bahaya menggunakan headset selama tidur.

Kebiasaan mendengarkan musik dengan headset sebelum tidur dan hingga Anda terbawa hingga Anda benar-benar tertidur pulas, ini ternyata memiliki dampak yang tidak baik untuk tubuh Anda.

Anda harus lebih berhati-hati dalam menggunakan headset selama Anda tidur. Pastikan Anda mengistirahatkan telinga Anda selama 10 menit, setiap 50 menit menggunakan headset. Berikut bahaya menggunakan headset saat Anda tidur dilansir dari laman Liputan6.com, Selasa (26/5/2020)

Agar kamu lebih waspada, kamu perlu mengetahui beberapa bahaya menggunakan earphone saat tidur. Berikut beberapa bahaya menggunakan headset saat tidur yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (18/1/2020).

Menurunkan Fungsi Pendengaran

Saat Anda tidur sambil mendengarkan musik dengan headset sampai Anda tertidur dan suara yang didengar dalam keadaaan volume yang tinggi, dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pendengaran.

Infeksi Telinga

Menggunakan headset saat tidur dalam waktu yang lama, akan membuat Anda mengalami nyeri telinga. Hal ini akan membuat telinga Anda berdenging dan membuat rasa yang tidak nyaman pada telinga. Bahkan yang lebih parah akan membuat infeksi pada telinga Anda. Infeksi akan lebih parah jika Anda berbagi headset ke orang lain, karena ada penyebaran bakteri dari satu orang ke orang lain.

Aliran Udara Tersumbat

Kotoran telinga akan menumpuk dan mengeras di dalam telinga Anda, karena headset yang Anda gunakan mencegah udara dari luar masuk kedalam. Sehingga kondisi ini menjadi tempat yang ideal bakteri penyebab infeksi berkembang biak.

Kerusakan Permanen pada Telinga

Telinga akan mengalami kerusakan yang permanen, hal ini terjadi kaena telinga sudah tidak kuat menanggung beban keras dari headset yang terhubung langsung ke lubang telinga.

Kerusakan Otak

Tidur merupakan proses mengistirahatkan otak, namun jika Anda ,menggunakan headset saat tidur otak tidak benar-benar dalam keadaan istirahat. Mendengarkan musik memberikan dampak berupa hantaran elektromagnetik dan gelombang elektromagnetik ini lama-kelamaan dapat merusak sel-sel pada otak.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar