oleh

Jangan Keliru, Ini Bedanya Setting Powder dengan Finishing Powder

PortalMadura.Com – Ada banyak nama produk dan istilah dalam dunia kecantikan. Tidak heran, dari saking banyaknya kadang membuat para pemula kesulitan mengenali fungsi setiap produk.

Produk yang dimaksud tersebut seperti; illuminating powder, tinted moizturizer, setting powder, hingga finishing powder. Nah, untuk setting powder dan finishing powder, apakah Anda sudah tahu perbedaan di antara keduanya?.

Jika belum, berikut penjelasan keduanya:

Setting Powder
Sesuai namanya, setting powder adalah bedak yang digunakan setelah aplikasi foundation guna menguncinya (set) agar tetap di tempat, tidak bergeser, dan lebih tahan lama. Selain itu, setting powder juga bekerja untuk menyerap kelebihan minyak dan mengurangi kilap pada hasil makeup agar hasil riasan tampak lebih matte. Selain itu, setting powder juga kerap digunakan untuk touch up makeup setelah beberapa jam.

Terdapat dua jenis setting powder, yaitu loose (tabur) dan compressed/compact (padat). Pilihan warnanya pun sama-sama ada dua, yaitu translucent (tanpa warna) atau berwarna. Kebanyakan pemilik kulit berminyak lebih memilih loose setting powder untuk mempraktikkan teknik baking guna menjaga riasan lebih tahan lama.

Namun, ada pula yang lebih memilih setting powder dalam bentuk padat untuk mendapatkan daya tutup tambahan dan mudah dibawa untuk touch up. Pada dasarnya, pemilihan jenis setting powder ini tidak mempengaruhi hasilnya, melainkan hanya soal selera dan preferensi tiap orang. Apabila setting powder digunakan terlalu banyak atau tidak dibaurkan dengan baik, riasan juga dapat terlihat cakey.

Finishing Powder
Nah, jika fungsi utama setting powder adalah untuk mengunci makeup, fungsi utama dari finishing powder adalah untuk memberikan hasil akhir riasan yang lebih smooth dan flawless dengan menyamarkan tampilan pori-pori dan garis halus.

Berbeda dengan setting powder yang digunakan sehari-hari, finishing powder biasanya digunakan untuk acara-acara khusus, terutama acara di mana Anda akan banyak difoto. Itulah kenapa produk ini hampir selalu digunakan oleh makeup artist saat mendandani selebriti. Untuk hasil terbaik, setting powder biasanya diaplikasikan dengan teknik buffing.

Sesuai namanya, finishing powder digunakan di sesi akhir dandan sebagai penutup. Meski demikian, produk complexion ini juga bisa diaplikasikan setelah setting powder. Walau tersedia dalam bentuk tabur dan padat, kebanyakan finishing powder hadir dalam bentuk loose (bubuk) dan tanpa warna.

Baca Juga : Mobil Wakil Ketua PN Sampang Terlibat Kecelakaan

Selain itu, finishing powder juga kerap memiliki tekstur yang lebih halus ketimbang setting powder. Apabila finishing powder digunakan terlalu banyak atau tidak dibaurkan dengan baik, riasan Anda mungkin akan tampak patchy atau terlihat flashback saat difoto menggunakan flash.

Nah, itu dia perbedaan antara finishing powder dan setting powder. Dengan mengetahui definisi dan fungsinya, semoga jadi makin mempermudah proses dandan Anda.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE