Jangan Konsumsi Pepaya Muda Saat Hamil, Bahaya!

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Konsumsi Pepaya Muda Saat Hamil, Bahaya!
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap ibu , pasti disarankan untuk memerhatikan segala makanan yang dikonsumsi, entah itu saran dari dokter ataupun orang-orang terdekat. Karena dalam proses kehamilannya memang perlu dijaga dengan baik agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga.

Biasanya, salah satu makanan yang umumnya pantang untuk dimakan yaitu buah nanas, karena bisa membahayakan kehamilan. Tapi siapa sangka, selain buah itu muda juga dilarang dimakan lantaran berbahaya, benarkah itu?.

Menurut penelitian, pepaya muda tinggi akan enzim papain. Ketika masuk ke dalam tubuh, enzim papain akan mengaktifkan hormon bernama prostaglandin dan oksitosin yang bisa menginduksi kontraksi. Hal inilah yang kemudian akan membahayakan kehamilan.

Masih dari penelitian ini, dijelaskan pula bahwa enzim papain yang terkandung di pepaya bisa mengganggu proses produksi hormon progesteron yang berdampak pada tumbuhnya endometrium dinding uterus yang tidak sempurna. Sehingga terciptalah lingkungan yang tidak sehat bagi janin yang sedang tumbuh.

“Tak hanya enzim papain saja yang patut diwaspadai, sebab konsentrasi tinggi lateks di dalam pepaya mentah juga bisa menyebabkan kontraksi uterus yang membahayakan janin,” ungkap penelitian ini.

“Bahkan seperti yang dituliskan di The British Journal of Nutrition, para ilmuwan pun sepakat akan efek berbahaya dari pepaya hijau untuk dikonsumsi wanita hamil”.

Walaupun pepaya memang buah yang menyehatkan. Namun Anda harus berhati-hati dalam memilihnya. Jangan mengonsumsi pepaya muda saat sedang hamil, sebab bisa membahayakan kandungan Anda. (Merdeka.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.