Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Nyetir Mobil Manual

Nyetir mobil manual
Hal yang harus dihindari saat nyetir mobil manual
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Saat ini meskipun mobil matik mulai banyak digunakan dibandingkan yang manual, namun mobil bertransmisi manual masih menjadi pilihan karena dianggap lebih mudah kalau bicara soal perawatannya.

Meskipun mobil transmisi manual lebih mudah cara perawatannya, namun penegemudi mobil manual tetap harus menghindari beberapa hal ini saat menyetir agar mobil tetap awet dan tahan alami. Apa saja?

Berikut ulasannya:

Tangan Jangan Berada di Tuas Transmisi
Masih banyak pengemudi yang memiliki kebiasaan memegang setir dengan satu tangan saja. Sementara satu tangan lagi berada di atas tuas transmisi.

Mungkin Anda hanya sekadar mengistirahatkan tangan dengan menaruhnya di tuas transmisi namun tindakan tersebut justru membahayakan girboks Anda. Tekanan yang diberikan tangan ke tuas transmisi dapat menyumbang pada kerusakan gigi mobil.

Supaya tetap aman, letakkan tangan Anda di setir dengan posisi jam 9 untuk tangan kiri sementara tangan kanan di arah jarum jam 3. Posisi tangan tersebut juga memberikan kontrol lebih pada kendaraan.

Baca Juga:  Jangan Abai, Ini Fungsi Voltmeter Pada Sepeda Motor yang Perlu Anda Tahu

Kaki Kiri Jangan Ada di Pedal Kopling
Hindari kebiasaan menaruh kaki kiri di pedal kopling saat mobil sedang berjalan. Melakukan hal sepele tersebut bisa-bisa membuat kopling cepat rusak dari seharusnya.

Meletakkan kaki di atas pedal kopling juga bakal menyulitkan pengendara saat mengerem mendadak. Dalam situasi tersebut, tidak jarang justru Anda menginjak pedal kopling sebelum pedal rem dan bisa mengakibatkan kecelakaan.

Jangan Abaikan Rem Tangan
Otolovers jangan lupa kalau setiap mobil memiliki rem tangan. Dan rem tangan itu memiliki fungsi. Namun pemilik mobil manual masih terlihat jarang menggunakan rem tangan terutama saat jalanan tanjakan.

Mereka kebanyakan memilih menginjak pedal kopling setengah sembari menyeimbangkan dengan menginjak pedal gas agar mobil tidak turun. Kalau dilakukan terus menerus, tindakan tersebut bisa menyebabkan kopling cepat rusak. Nah, tidak ada salahnya kan untuk menggunakan rem tangan.

Jangan Biarkan Gigi Netral di Jalan Menurun
Ada situasi yang membuat pengendara berpikir kalau memindahkan gigi ke posisi Netral itu bisa membantu menghemat BBM terutama saat melintas di jalanan menurun. Rupanya hal itu sepenuhnya salah.

Baca Juga:  Jangan Abai, Ini Fungsi Voltmeter Pada Sepeda Motor yang Perlu Anda Tahu

Secara logika memang mobil akan berputar dengan sendirinya di jalan menurun walaupun posisi gigi Netral tapi tahukah Otolovers tindakan itu bisa membuat sistem pengereman menjadi overheat.

Setidaknya tetap pindahkan transmisi ke gigi rendah karena membantu Anda memberikan kontrol ke mobil.

Jangan Cuek, Selalu Pantau RPM
Mengendarai mobil secara manual artinya si pengendara memiliki kendali penuh untuk mengendalikan mesin dan tenaga mobil. Tidak ada perangkat elektronik yang akan mempengaruhi performa mobil.

Dengan begitu, pengendara harus tetap waspada dan sesekali melihat RPM meter. Mengendarai mobil dengan RPM tinggi disertai kecepatan yang tinggi pula tidak akan berpengaruh banyak pada mesin. Tapi jangan coba-coba mengendarai mobil dengan RPM tinggi di kecepatan rendah karena mesin mobil bisa rusak. (detik.com/Desy)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.