Jangan Menyusui Sambil Nonton TV atau Main Gadget, Ini Bahayanya

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Menyusui Sambil Nonton TV atau Main Gadget, Ini Bahayanya
Ilustrasi

Portalmadura.Com – Saat menyusui bayi, tidak sedikit dari seorang ibu yang sambil menonton televisi, atau bermain gadget. Kebiasaan ini dilakukan untuk mengisi aktivitasnya itu lantaran sebagian ibu biasanya merasa bosan apabila tidak melakukan kegiatan lainnya.

Tahukah Anda bahwa kebiasaan tersebut tidaklah baik untuk pertumbuhan si kecil?. Pasalnya, saat menyusui penting bagi ibu untuk memberikan stimulus pada bayi agar tumbuh kembang anak menjadi baik. Jadi, apabila Anda menyusui sambil menonton tv bukan tidak mungkin justru akan merakibat kurang baik bagi pertumbuhan anak. Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang ibu untuk menjaga si kecil saat menyusui agar dia tumbuh menjadi pribadi yang Anda inginkan.

Hal ini sejalan dengan yang disampaikan oleh dr Bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH, pakar tumbuh kembang anak dari RS Cipto Mangunkusumo, mengatakan bahwa stimulasi sebaiknya diberikan pada waktu yang menyenangkan anak. Nah, menyusui merupakan salah satu waktu menyenangkan tersebut.

“Makanya ketika menyusui, ibunya jangan main gadget atau nonton televisi. Berikan stimulasi kepada anak dengan mengajak ngobrol, bahkan sejak usianya belum satu bulan,” tutur dr Bernie, dalam seminar Early Learning Center Parenting Club di Plaza Indonesia, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Menurut Bernie, mengajak anak mengobrol sembari menyusui merupakan salah satu bentuk stimulasi multimodal, yakni bentuk stimulasi yang memengaruhi lebih dari satu aspek. Dengan mengajak anak bicara, anak mendapat stimulasi pendengaran.

“Sambil menyusui dan ajak ngobrol juga harus sambil lihat anaknya. Jadi bukan hanya stimulasi pendengaran, anak juga akan mendapat stimulasi penglihatan dengan melihat wajah ibunya,” tuturnya.

Hal senada juga dikatakan oleh dr Margareta Komalasari, SpA. Agar program menyusui sukses, ada dua hal yang harus diperhatikan, yakni posisi bayi dan perekatan mulut bayi kepada puting.

Posisi menyusui yang baik adalah badan dan kepala bayi berada dalam satu garis lurus. Hadapkan bayi ke arah tubuh ibu dan lakukan kontak mata dengan bayi saat ia menyusu.

“Makanya jangan sambil nonton televisi atau main gadget, nanti posisi bayi tidak lurus. Dan akhirnya bayi tidak nyaman menyusu, rewel dan gampang nangis,” ungkapnya. (detik.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.