Jangan Merokok di Dalam Mobil, Ini Bahayanya

Avatar of PortalMadura.Com
Jangan Merokok di Dalam Mobil, Ini Bahayanya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi sebagian orang beranggapan bahwa melakukan perjalanan tidak lengkap rasanya jika tidak ditemani dengan rokok. Kebiasaan ini sudah menjadi hal yag lumrah dilakukan oleh perokok aktif. Pasalnya, dengan merokok perjalanan seseorang akan terasa lebih nyaman.

Apalagi saat menggunakan mobil, dengan mudahnya seseorang membuka kaca dan membiarkan asap rokok terbawa angin ke udara bebas. Padahal sikap ini tentu menimbulkan gangguan kesehatan. Sayangnya hal tersebut tidak membuat para perokok mengehentikan kebiasaannya.

Dilansir PortalMadura.Com Rabu (8/3/2017), pada laman viva.co.id, temuan dari ilmuwan di Universitas California menunjukkan, asap rokok di mobil dan kendaraan lainnya menimbulkan risiko merusak kesehatan yang cukup besar.

Perlu Anda ketahui, ancaman bahaya ini tidak hanya dialami para pengemudi yang merokok. Penumpang lain yang berada di dalam mobil juga tidak lolos dari intaian kematian, saat ada yang merokok di dalam mobil.

Selain itu, meski membuka jendela mobil dapat membersihkan udara, namun itu tetap berbahaya. Lantaran, udara dari luar tersedot dan mendorong asap langsung menuju penumpang di kursi belakang.

Bahkan penelitian menunjukkan, bahwa orang yang tidak merokok dan berada satu mobil dengan perokok selama satu jam, akan mengalami peningkatan kadar karsinogen dalam urine. Partikel halus tersebut bisa masuk ke dalam paru-paru dan juga aliran darah, sehingga meningkatkan berbagai risiko penyakit.

Disamping berbahaya bagi kesehatan, asap rokok juga bisa merusakan sistem pendingin udara, dimana asap akan terisap oleh blower. Sedangkan asap dari blower tersebut akan menempel pada evaporator.

Akibatnya, evaporator akan cepat kotor dan bau. Terlebih, polutan yang berasal dari asap rokok bisa bertahan lama di dalam interior mobil. Jadi, jika Anda memang berniat untuk merokok akan lebih baik jika tidak dilakukan didalam mobil dan disekitar orang banyak. Karena bahaya yang ditimbulkan bukan hanya pada perokok saja melainkan bagi orang yang ada disampingnya. (viva.co.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.