PortalMadura.com

Jangan Minum Teh Saat Makan, Ini Alasannya

  • Rabu, 16 Mei 2018 | 19:00
Jangan Minum Teh Saat Makan, Ini Alasannya
ilustrasi
Loading...

PortalMadura.Com – Minuman yang berbahan dasar teh memang disukai banyak orang. Apalagi saat sedang makan langsung ditemani dengan teh, terasa semakin nikmat dan segar di tenggorokan.

Namun siapa sangka, terbiasa minum-minuman teh tersebut saat makan ternyata tidak disarankan, karena menurut dokter bikin tidak sehat bagi tubuh

Sebagaimana disampaikan dokter spesialis anak, Yoga Devaera, SpA, konsumsi teh bersamaan dengan makanan seperti sayuran hijau dapat menghambat penyerapan mineral. Hal ini karena teh mengandung zat bernama fitat yang bersifat mengikat mineral yang masuk dalam tubuh.

“Kalau di sayuran hijau, zat besi banyak. Bayam, kangkung, itu kalau dikonsumsi bersamaan dengan minum teh, maka mineral seperti zat besi, kalsium, dan zinc akan diikat oleh fitat. Sama saja tubuh tidak mendapatkan apa-apa dari konsumsi makanan bergizi,” ujar dr. Yoga.

Dokter Yoga mengatakan, kebiasaan ini akan sangat merugikan terutama jika dilakukan anak-anak dan remaja yang kebutuhan akan asupan mineralnya sangat tinggi. Untuk itulah, ia mengimbau agar para orang tua mengajarkan pada buah hatinya untuk mengonsumsi air putih saja ketika makan, bukan teh.

“Kalau mau minum teh, boleh, asal dua jam setelah makan. Lebih bagus lagi kalau tanpa gula,” tambah dia.

Selain ditemukan dalam teh, fitat juga terkandung dalam kopi. Namun kopi tidak lazim dikonsumsi saat makan, sehingga imbauan larangan lebih ditujukan untuk teh. Jadi, hindari minum teh saat makan. (Suara.com/Putri)

banner300x250
Advertisement
banner300x250

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional