Jangan Panik, Ini 4 Hal yang Perlu Bunda Persiapkan Sebelum Operasi Cesar

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Panik, Ini 4 Hal yang Perlu Bunda Persiapkan Sebelum Operasi Cesar
Ilustrasi

PortalMadura.Com, kata ini mungkin membuat sebagian wanita merasa takut dan khawatir. Pasalnya, melahirkan dengan jalan yang tidak biasa ini dianggap sebagai hal yang menakutkan.

Namun, apa daya jika kondisi kesehatan yang mengharuskan melahirkan secara cesar, mau tidak mau seorang wanita harus melakukannya. Apalagi jika itu bagi ibu muda yang masih belum berpengalaman, ketakutan biasanya terus menghantuinya.

Sebenarnya, Anda tidak perlu panik dan khawatir dulu. Karena, jika Anda mempersiapkannya dengan baik, proses persalinan pasti lebih mudah dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Lantas, apa yang harus dilakukan?.

Ini empat persiapan yang bisa dilakukan menghadapi operasi cesar:

Pertanyaan Seputar Operasi Cesar
Anda pasti sudah mendapat penjelasan dari dokter mengapa Andau harus melakukan operasi cesar kan?. Pasti timbul banyak pertanyaan, jangan ragu tanyakan apa-apa saja yang membuat Anda khawatir atau ragu. Apa yang akan Anda alami setelah operasi dan efek sampingnya.

Siapkan Keperluan
Umumnya, setelah menjalani operasi, Anda akan kesulitan menggerakkan tubuh. Entah nantinya Anda butuh tisu basah, hand sanitizer atau yang lainnya, packing jadi satu tas dan taruh di samping tempat tidur. Kapan pun Anda butuhkan, tidak perlu merepotkan.

Bawa Buku Bacaan atau Mendengar Musik
Jika membayangkan ruang operasi saja sudah membuatmu tegang, lebih baik Anda membawa beberapa buku untuk dibaca atau mendengarkan musik yang menenangkan agar Anda tidak stres sebelum persalinan.

Shaving
Jika Anda merasa malu karena area intimmu akan dilihat banyak orang dan ini adalah persalinan pertama Anda, ada baiknya jika melakukan shaving. Merapikan rambut di area miss V mungkin bisa meredakan rasa khawatir Anda.

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah ngobrol dengan suami. Suami yang mendampingi mampu memberikan rasa aman dan nyaman sebelum menjalani operasi. Bahwa semua akan baik-baik saja dan Anda tidak perlu menghawatirkan apa pun. Semoga bermanfaat. (vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.