Jangan Sepelekan, Ini yang Akan Terjadi Bila Putar Kunci Langsung Starter pada Motor

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Sepelekan, Ini yang Akan Terjadi Bila Putar Kunci Langsung Starter pada Motor
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Menghidupkan sepeda motor memang tidaklah sulit, hanya tinggal memasukkan kunci kontak, dan tekan tombol electric starter atau bisa juga menggunakan kick starter. Namun, bagi pemilik motor dengan sistem pengabutan injeksi, sebaiknya jangan coba-coba untuk menghidupkan roda dua kesayangan dengan seperti itu (masukkan kunci kontak langsung starter) ya.

Perlu Anda ketahui, dalam panel instrumen motor injeksi, terdapat beberapa lampu indikator, speedometer, indikator bahan bakar, hingga sebuah lampu yang berwarna oranye. Nah, Lampu dengan warna tersebut, biasanya akan langsung menyala saat kunci kontak diputar ke posisi on.

Lampu tersebut, ternyata bukan lampu sembarangan. Lampu berwarna oranye ini berfungsi untuk membantu Anda mendeteksi apakah komponen injeksi dalam motor Anda baik-baik saja atau tidak.

Jika komponen injeksi dalam masalah, biasanya lampu tersebut akan memberikan kode tertentu berupa kedipan atau justru lampunya tidak mau mati. Durasi dan jumlah kedipan lampu pun berbeda bergantung pada produk sepeda motor dan jenis kerusakannya.

Baca Juga: Air Macet Hingga 10 Tahun, Pelanggan PDAM Terasa Hidup di Pelosok Desa

Misalnya, ketika motor dinyalakan dan muncul tujuh kedipan, kemungkinan motor tersebut mengalami masalah di bagian Engine Oli Temperature atau Engine Coolent Temperature. Sedangkan jika delapan kedipan yang muncul, bisa jadi masalahnya datang dari sensor Throttle Position.

Sedangkan jika komponen injeksi motor masih normal, lampu ini hanya akan menyala sebentar, kemudian mati. Nah, saat lampu indikator mati inilah, Anda bisa mulai menghidupkan motor dengan menggunakan electric starter atau kick starter.

Itulah yang akan terjadi apabila Anda memasukkan kunci motor langsung starter bagi pemilik sepeda motor dengan sistem pengabutan injeksi. Semoga bermanfaat.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.