Jatah Bidan Setiap Desa di Pamekasan Tidak Merata

Avatar of PortalMadura.Com
Jatah Bidan Setiap Desa di Pamekasan Tidak Merata
Ilustrasi

PortalMadura.Com, – Penempatan di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur sampai sekarang belum sesuai dengan volume penduduk desa. Bahkan, desa yang memiliki jumlah penduduk lebih banyak justru mendapatkan jatah bidan lebih sedikit.

Ketua Komisi IV DPRD Pamekasan, Apik mengatakan, Dinas Kesehatan (Dinkes) sebagai leading sektor harus memperhatikan kondisi di lapangan. Tidak melihat faktor lain yang mengakibatkan pelayanan kesehatan terhambat.

“Penempatan bidan harus sesuai dengan rasio penduduk, saya tidak ingin desa yang jumlah penduduknya banyak justru hanya ada satu bidan. Idealnya, dua ribu penduduk itu satu bidan, tapi yang terjadi sampai empat ribu penduduk satu bidan,” ungkapnya, Jumat (15/4/2016).

Dia mengungkapkan, pihaknya tidak menginginkan penempatan jatah bidan tidak sesuai dengan volumen penduduk dengan alasan apapun karena dampak negatifnya terlalu besar. Seperti yang terjadi di beberapa desa di wilayah pantura.

“Bidan di setiap desa harus merata, jangan sampai ada satu desa bidannya tiga. Tapi di desa lain jumlah penduduk yang hampir sama justru hanya memiliki satu bidan,” tegas politisi Nasdem tersebut.

Pihaknya berharap kepada Dinkes agar melakukan penambahan bidan secara bertahap, mengingat keberadaan bidan sampai sekarang belum memenuhi standart minimal. (Marzukiy/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.