Jatuh di Pulau Gili Raja, LAPAN Bawa Serpihan Tabung Bahan Bakar Roket Falcon 9

Avatar of PortalMadura.Com
Ist. Tim LAPAN di Pulau Gili Raja Sumenep
Ist. Tim LAPAN di Pulau Gili Raja Sumenep

PortalMadura.Com, – Tim Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) turun langsung ke lokasi jatuhnya tabung bahan bakar di , Kecamatan Gili Genting, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu (28/9/2016).

Tim tersebut melakukan pengecekan terhadap lokasi dan mengintrogasi pemilik rumah yang kejatuhan benda yang dikira oleh warga setempat, sekitar pukul 09.30 WIB, Senin (26/9/2016).

itu mendatangi dua lokasi, Desa Lombang dan Desa Bringsang,” terang Kapolres Sumenep, AKBP H. Joseph Ananta Pinora melalui Kasubag Humas Polres, AKP Hasanudin pada PortalMadura.Com.

Tim LAPAN juga membawa serpihan tabung bahan bakar roket Falcon 9 yang meledak untuk diuji ke kantor pusatnya, Jalan Doktor Djunjunan No. 133, Pajajaran, Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat.

“Yang diamankan di polres juga akan dibawa ke LAPAN, hanya kami tidak tahu kapan waktunya,” terangnya.

Sebelumnya, sekitar pukul 09.30 WIB, Senin (26/9/2016) warga Sumenep mendadak heboh dengan kabar adanya pesawat jatuh di Pulau Gili Raja, Kecamatan Gili Genting. Benda asing itu, dikira badan pesawat jatuh ke laut dan terbakar, dan bagian-bagian pesawat jatuh ke daratan.

Benda asing itu ditemukan di lima titik, diantaranya benda putih jatuh di Desa Jati, Gili Raja, Kecamatan Geli Genting. Lokasi kedua, ditemukan Joni (55) warga Desa Lombang, mirip drum aspal berwarna hitam, menimpa kandang sapi miliknya.

Lokasi ketiga, benda mirip drum warna hitam ditemukan di perairan Desa Lombang yang ditarik oleh warga Bluto. Keempat, ditemukan benda yang menyerupai radiator dalam keadaan hangus terbakar di Desa Bringsang, Kecamatan Gili Genting. Benda tersebut, ditemukan oleh Rajab (40) warga setempat.

Kemudian, benda mirip drum warna hitam lagi ditemukan di Desa Lombang oleh Subali (30), warga setempat.

Benda tersebut ternyata tabung bahan bakar roket Falcon 9. Saat tabung bahan bakar tersebut jatuh, roket sedang membawa sebuah satelit menuju ke orbitnya.

Roket Falcon 9 diluncurkan pada 14 Agustus 2016, dari stasiun angkatan udara Cape Canaveral di negara bagian Florida, Amerika Serikat.

Roket itu membawa satelit komunikasi JCSAT 16 milik perusahaan SKY Perfect JSAT Group. Rencananya roket itu akan membawa satelit hingga orbit transfer 34.000 kilometer.

Roket Falcon 9, memiliki 2 tingkatan roket pendorong untuk sampai pada orbit 34.000 kilometer yang dituju. Roket pertama sudah berhasil mendarat lagi di stasiun angkatan udara Cape Canaveral.

Sedangkan roket kedua adalah roket yang mengantarkan satelit JCSAT 16 ke orbitnya. Roket kedua itulah yang diduga jatuh di Pulau Gili Raja, Sumenep.(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.