oleh

Jelajahi Twitter dengan 5 Cara Ini Agar Lebih Aman

PortalMadura.Com – Twitter merupakan salah satu media sosial (medsos) yang banyak digunakan untuk berkomunikasi dengan banyak orang. Namun, tidak sedikit juga medsos ini disalah gunakan oleh orang-orang tertentu untuk melakukan hal-hal yang buruk. Seperti pelecehan online, bullying, penipuan online dan lain sebagainya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari segala perundungan di twitter. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, berikut ini penjelasannya:

Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

Agar lebih aman ketika mengakses Twitter, pengguna dapat mengaktifkan verifikasi masuk dan verifikasi rest kata sandi.

Setelah mengaktifkan fitur ini, pengguna akan memerlukan kata sandi serta cara alternatif untuk masuk Twitter. Alternatif yang dimaksud bisa berbentuk kode, konfirmasi login melalui aplikasi, atau kata kunci untuk masuk ke akun Twitter Anda. Fitur ini dapat diaktifkan pada bagian Keamanan di pengaturan akun.

Lindungi Tweet

Pengguna memiliki kebebasan untuk mengekspresikan diri, namun ada beberapa tweet kita yang mungkin tidak ingin dibaca orang lain. Secara otomatis, seluruh tweet bersifat publik, namun pengguna bisa memilih untuk melindungi tweet mereka melalui pengaturan.

Jangan lupa terus berhati-hati memberikan informasi pribadi seperti alamat rumah atau keluarga. Jika mencuitkan foto anak, lebih baik tutupi wajah mereka dengan emoji demi keamanan.

Kontrol DM dan Balasan

Terkadang mungkin Anda ingin memulai percakapan menarik dengan orang-orang yang dikenal di Twitter. Di sini pengguna bisa memilih siapa yang dapat membalas tweet mereka.

Ketika mulai tweet baru, pengguna bisa memilih siapa yang akan dapat membalasnya. Pengaturan default siapa saja yang dapat membalas bisa dilihat di samping ikon globe kotak buat Tweet.

Jika menu ini diklik sebelum unggah cuitan, pengguna bisa memilih siapa saja yang dapat membalas tweet mereka. Opsi yang disediakan adalah orang yang diikuti atau hanya orang yang di-mention.

Agar tidak menerima pesan yang tidak diinginkan atau spam, pengguna bisa memilih Direct Message dari orang yang dikenal. Pengguna dapat menonaktifkan pengaturan ini dengan tidak mencentang kotak di samping “Terima Direct Message dari siapa pun” pada pengaturan Privasi dan Keamanan.

Pengaturan Advanced Filter

Pengguna bisa mengontrol apa yang ingin mereka lihat atau dengan siapa mereka berinteraksi saat menggunakan Twitter.

Pengaturan penyaring lanjutan atau advanced filter memungkinkan pengguna menonaktifkan notifikasi dari jenis akun yang dihindari.

Jika akun pengguna tiba-tiba diperhatikan oleh banyak orang, Twitter akan memberikan notifikasi pada panel notifikasi pengguna, untuk mengatur penyaringan tersebut dan memberi kontrol lebih banyak atas apa yang dilihat mereka.

Blokir dan Laporkan

Ketika mendapati tweet yang tidak diharapkan atau tidak beretika, pengguna bisa melaporkan langsung kepada Twitter. Di sini, pengguna bisa melaporkan tweet, akun, List, dan Direct Messages yang tidak diinginkan.

Jika ada akun yang membuat kita tidak nyaman, fitur blokir bisa membatasi akun tertentu untuk melihat tweet dan aktivitas pengguna di Twitter.

Setelah pengguna memblokir sebuah akun, pengguna tidak akan lagi mendapatkan notifikasi jika di-mention atau di-Retweet. Pengguna juga tidak akan lagi melihat interaksi akun yang diblokir di Twitter.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber: Liputan6.com

Komentar