Jelang Idul Adha, Warga Pamekasan Diminta Waspada Penyakit Zoonosis

Avatar of PortalMadura.com
Jelang Idul Adha, Warga Pamekasan Diminta Waspada Penyakit Zoonosis
Ilustrasi

PortalMadura.Com, – Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur meminta agar warga Pamekasan mewaspadai penyakit zoonosis (infeksi yang ditularkan hewan) menjelang perayaan 2019.

Kepala DKPP Pamekasan, Bambang Prayogi mengatakan, warga yarus tetap hati-hati dalam memilih daging kurban. Menurutnya, jenis penyakit zoonosis bisa menular dari hewan kepada manusia ataupun sebaliknya.

Saat ini, ia mengaku sudah memantau ke tempat penampungan untuk memastikan kondisi kesehatan hewan kurban. “Dua hari ini, kita sudah melakukan pemantauan. Sementara belum ada temuan, hanya sakit biasa seperti sakit mata dan lain-lain,” katanya, Senin (29/7/2019).

Pemantauan dilakukan ke tempat penampungan hewan kurban akan lebih baik karena bisa cek langsung kondisi hewan yang akan dijadikan kurban. “Kita belum turun ke pasar, mungkin nanti kalau sudah hampir hari raya,” dalihnya.

Bambang juga meminta agar warga memperhatikan tatacara memilih jenis hewan kurban yang sehat, seperti mengutamakan hewan berjenis kelamin jantan untuk mengantisipasi adanya kebuntingan, dan harus hewan yang sudah powel (cabut gigi secara alami).

“Kalau di pasar-pasar terkadang ada yang dipaksa powel, jadi lebih baik hati-hati,” pungkasnya.(*)

Baca Juga :

Kantongi Tiga Nama, PKS Dapat Jatah Pimpinan DPRD Pamekasan

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.