Jelang Panen, Harga Tembakau Belum dibahas

Avatar of PortalMadura.Com
Ilustrasi
Ilustrasi

PortalMadura.Com, – Pemkab Pamekasan, Madura, Jawa Timur akan segera bertemu dengan pihak pabrikan untuk membahas soal harga menjelang musim panen tembakau tahun 2014.

Kepala Disperindag Pemkab Pamekasan, Bambang Edy Suprapto mengatakan, pertemuan dengan pihak pabrikan akan digelar akhir bulan ini seiring dengan masa panen tembakau tiba.

Menurut Bambang, selain harga pihaknya juga akan mempertanyakan apakah akan menambah stok jumlah pembelian, karena dari kesepakatan awal, semua pabrikan hanya butuh 24 ribu ton.

“Pertemuan itu dijadwal pada minggu ketiga bulan ini, karena pada minggu ke empat sudah banyak tembakau panen. Kita juga akan tanyakan apakah ada tambahan jumlah pembelian,” katanya, Rabu (6/8/2014).

Bambang Edy Suprapto menjelaskan, karena harga produksi tembakau diprediksi 30 ribu perkilonya maka pihaknya akan mendorong pihak pabrikan agar bisa membeli tembakau diatas harga produksi itu. Sedangkan untuk over produksi diharapkan tidak terjadi karena jumlah areal tanam tahun ini menurun dibanding tahun lalu.

“Kalau tahun lalu areal tanam tembakau 33 ribu hektar, untuk tahun ini dibawah itu, sehingga diharapkan tidak terjadi over produksi,” jelasnya.

Sebelumnya, DPRD Pamekasan mendesak pemkab untuk segera memanggil pihak pabrikan karena memang petani sudah banyak yang panen tembakaunya, tetapi soal harga masih belum ada kepastian dari gudang.(reiza/nia)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.