oleh

Jelang Praktik Kerja Lapangan, Pembekalan 134 Mahasiswa Fisip Unija Sumenep Libatkan OPD

PortalMadura.Com, Sumenep – Sebanyak 134 mahasiswa calon praktik kerja lapangan (PKL) Unija Sumenep, Madura, Jawa Timur pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) – Program Studi (Prodi) Administrasi Publik mendapat pembekalan, Kamis (7/2/2019).

Bertemakan “Create Human Capital, Gotting Performance” pembekalan berlangsung di Gedung Graha Universitas Wiraraja Sumenep. Mereka dipersiapkan untuk mengikuti PKL di Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sumenep.

Dekan Fisip Unija Sumenep, Dra. Irma Irawati Puspaningrum, M.Si menyampaikan, praktik kerja lapangan merupakan matakuliah wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa prodi Adminintrasi Publik dengan tujuan ilmu mereka yang diterima secara teori menjadi realita di dunia kerja.

“Sehingga, mahasiswa tidak hanya mengkritisi bagaimana pemerintah, tetapi dapat berkontribusi, memberikan solusi permasalahan sebenarnya yang belum mereka jumpai pada teori,” kata Irma sapaan akrab Irma Irawati Puspaningrum.

Menurutnya, pembekalan dilakukan agar mahasiswa dapat menemukan gambaran dan mempersiapkan diri untuk melaksanakan praktik kerja lapangan di organisasi perangkat daerah sesuai dengan yang telah ditentukan.

“Saya sampaikan bagi peserta PKL untuk mempersiapkan segala sesuatunya sesuai arahan dosen pembimbingnya,” katanya.

Pihaknya mengharapkan, mahasiswa yang melaksanakan PKL hendaknya dilakukan dengan sungguh-sungguh dan maksimal. Tunjukkan kemampuannya serta bisa bekerja sama dengan baik. Dan yang terpenting dapat menjaga nama baik almamater.

Pembekalan PKL tahun 2019 juga dirasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, dihadiri seluruh perwakilan OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sumenep.

“Tahun-tahun sebelumnya, kami menyerahkan PKL ke OPD, saat ini kami undang OPD,” ucapnya.

Peserta PKL tersebut akan dibagi menjadi 26 kelompok yang akan disebar di 26 Organisasi Perangkat Daerah yang ada di Sumenep.

Baca Juga : DIY Jadi Sasaran Study Excursie Mahasiswa FISIP Unija Sumenep

Sasaran OPD diantaranya, BKP SDM, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Pertanian, Dinas Perpustakaan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Pelindungan Anak dan KB.

Selain itu, Dinas Pendidikan, Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah, Dinas Tenaga Kerja, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas PU Bina Marga, Satpol PP, Dinas Sosial, Dinas Koprasi, Disperindag, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, Sekretariat Daerah, BNN, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Sementara unsur dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep, Abd. Kahir berharap dengan adanya pembekalan, para mahasiswa hendaknya dapat beradaptasi di lingkungan birokrasi sehingga lebih produktif.

Penulis : Nanik Dwi Jayanti
Editor : Hartono

Dapatkan Aplikasi PortalMadura.com

aplikasi portal madura
Loading...
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.