Konsumsi Kafein Terlalu Banyak Bisa Mematikan Lho!

  • Bagikan
Kopi Baik atau Buruk untuk Kesuburan Pria
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Banyak yang bilang, belum nikmat rasanya bila mengawali hari tanpa lebih dulu menyeruput secangkir kopi panas. Selain menambah stamina, minum kopi di pagi hari dipercaya mampu menambah semangat. Kini juga bukan lagi hal yang sulit untuk menemukan sederet manfaat meminum kopi.

Kafein adalah stimulan yang bisa membuat jantung berdetak lebih cepat dan tidak teratur. Kafein juga memiliki efek diuretik, membuat seseorang lebih sering buang air kecil, yang menyebabkan kadar potasium turun dan lebih sulit mengatur detak jantung.

Gabungan dari berbagai efek mengonsumsi kafein di atas dapat menyebabkan penyakit jantung yang serius dan berpotensi fatal. Beberapa penyakit berbahaya biasanya ditandai dengan gejala seperti detak jantung cepat yang tidak normal, kecemasan, tremor, mual, dan muntah.

Jika Anda mengalami salah satu dari gejala tersebut, segeralah mengonsumsi zat tertentu dan hentikan penggunaannya begitu gejalanya berhenti. Kafein juga dapat mempengaruhi setiap orang dengan cara yang berbeda, sehingga Anda harus memahami batas mengonsumsi yang aman untuk diri sendiri.

Karena perbedaan inilah, sangat penting untuk membatasi konsumsi kafeinmu. Menurut para ahli, orang dewasa sebaiknya tidak mengonsumsi kafein lebih dari 400 miligram atau sekitar 4 sampai 5 cangkir kopi dalam sehari dan anak- anak tidak dianjurkan mengonsumsi kafein sama sekali.

Daripada pusing fokus memikirkan berapa banyak kafein yang bisa dikonsumsi, sebaiknya pikirkan lagi mengapa Anda perlu mengonsumsi kafein. Bukan berarti Anda harus berhenti minum kopi setiap hari, namun penting untuk memahami bahwa kafein mengandung zat yang bisa saja berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Jika memang ingin tetap sehat, hindari asupan kafein yang terlalu banyak. karena sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik untuk tubuh.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.