oleh

Jelang Ramadan, Ini 5 Persiapan Mental yang Perlu Anda Lakukan

PortalMadura.Com – Menjelang datangnya bulan Ramadan yang hanya tinggal beberapa hari lagi pasti berbagai perasaan campur aduk untuk menyambutnya. Nah, sebelum puasa dimulai, alangkah baiknya mempersiapkan segala sesuatunya, baik secara mental atau pun fisik.

Ada beberapa yang perlu dilakukan agar bulan Ramadan berjalan dengan lancar dan penuh berkah. Mau tahu apa saja?. Yuk simak uraian berikut ini:

Cari Pengetahuan Lebih Banyak tentang Ramadan
Meski setiap tahun bertemu dengan Ramadan, bukan berarti setiap dari Anda memahami apa makna Ramadan dan bagaimana bisa menjalaninya dengan tepat. Seringkali orang hanya menjalani begitu saja tanpa ada banyak persiapan sehingga Ramadan pun terasa biasa saja.

Sebaliknya, cari tahu lebih banyak tentang Ramadan, mengapa bulan ini penting dilakukan bagi umat muslim dan lain sebagainya. Cara ini akan mampu meningkatkan motivasi untuk lebih khidmat menjalani Ramadan.

Buat Rencana Ramadan
Agar bisa menjalani Ramadan semaksimal mungkin, buat rencana Ramadan Anda sendiri. Buat jadwal kegiatan apa yang harus dilakukan setiap hari, tidak perlu mendetail, cukup buat planning sederhana seperti misalnya, baca satu lembar Alquran setiap selesai salat atau sebisa mungkin tidak skip tarawih Ramadan ini.

Kenali Hidup Anda
Ini poin penting yang akan membuat Anda mengetahui bagaimana diri Anda memaknai Ramadan, apakah menjadi bulan-bulan seperti biasa atau bulan spesial yang menyimpan sesuatu untuk dicapai. Jika ingin bulan Ramadan menjadi spesial, kenali hidup Anda. Cari motivasi untuk menjadi pribadi lebih baik, paling tidak selama Ramadan ini.

Keinginan Apa yang Ingin Dicapai
Mengenali hidup erat hubungannya dengan mengenali keinginan apa yang ingin dicapai tahun ini. Jika diri Anda punya hajad untuk diraih, misalnya menemukan jodoh, menikah, menentukan pekerjaan, menjadi anak lebih baik untuk orang tua dan lain sebagainya, bulan ini adalah saat terbaik untuk berdoa dan meminta hasil yang terbaik.

Baca Juga : Diguyur Hujan, Senam Sehat Bersama Go-Jek Madura Tetap Meriah

Persiapan Pikiran dan Spiritual
Tentu pikiran harus diatur dengan baik, sikap seperti apa yang sebaiknya ditunjukkan selama Ramadan, entah itu menjaga emosi, menjadi lebih tenang atau tidak sering keluar malam. Siapkan pikiran Anda untuk menjadi pribadi yang Anda inginkan. Secara spiritual, Anda bisa menambah ibadah dengan berbagai cara, bisa dengan lebih rajin salat atau lebih banyak berzikir.

Ada banyak hal yang bisa dipersiapkan untuk menyambut Ramadan, namun lebih penting lagi jika ini memang dimulai dari hati dan mental, seperti sekian poin di atas.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar