oleh

Jelang Tutup Tahun, 330 Desa di Sumenep Belum Cairkan DD Tahap III 2018

PortalMadura.Com, Sumenep – Tahun anggaran 2018 sudah hampir tutup. Namun, 330 desa di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, belum bisa dicairkan Dana Desa (DD) tahap III.

Tidak bisa dicairkannya DD ini lantaran 130 dari 330 desa belum menyetor Laporan Pertanggungjawaban (LPj) pencairan DD tahap II. Padahal, LPj itu merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi desa.

“Hanya saja dari 200 desa yang sudah mengajukan LPj, serapan DD dari tahap II itu mayoritas antara 50-60 persen, padahal untuk bisa mencairkan DD tahap III serapannya di tahap II itu minimal 75 persen,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep, Ach. Masuni, Senin (19/11/2018).

Loading...

Ia menyampaikan, pencairan DD dibagi dalam III tahap, yakni tahap I sebesar 20 persen, tahap II 40 persen dan tahap III 40 persen dari plafon anggaran 2018 sekitar Rp 278 miliar lebih.

“LPj untuk tahap ke II harus masuk pada tanggal 5 Desember. Jika dalam waktu yang telah ditentukan itu, desa belum menyetor LPj itu, DD tahap ke III khawatir tidak bisa cair,” paparnya.

Ia berharap, semua desa bisa secepatnya menyerahkan LPj tahap II dan capaian realisasi minimal 75 persen agar tahap ke III bisa dicairkan. Sebab, DD ini memang diperuntukkan bagi pembangunan di tingkat desa.

“Desa diharapkan bisa memerhatikan hal ini agar pembangunan di tingkat desa bisa tercapai sesuai harapan. Anggaran DD ini jangan sampai hangus,” tukasnya. (Arifin/Putri)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar