Jelang Tutup Tahun, DPMD Sumenep Perketat Pengawasan Realisasi DD

Avatar of PortalMadura.com
Jelang Tutup Tahun, DPMD Sumenep Perketat Pengawasan Realisasi DD
dok. Kepala DPMD Sumenep, Ahmad Masuni

PortalMadura.Com, – Dana Desa (DD) tahap kedua tahun 2017 di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, telah cair 100 persen dari kas daerah ke kas desa. di masing-masing desa itu ditarget harus tuntas pada 31 Desember 2017.

“Saat ini kami terus melakukan pengawasan terhadap realisasi DD oleh masing-masing desa. Realisasi DD itu harus tuntas maksimal akhir tahun ini,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Ach Masuni, Rabu (27/12/2017).

Pihaknya optimis desa bisa merealisasikan DD itu sesuai batas akhir. Sebab, DD tahap dua di tahun 2017 ini mayoritas diperuntukkan bagi pembangunan fisik, salah satunya infrastruktur jalan. Pembangunan jalan itu tidak terlalu membutuhkan waktu banyak.

“Tapi kalau ada desa yang tidak merealisasikan DD dengan maksimal, sisa dana itu harus dikembalikan lagi ke kas daerah dan itu juga akan berpengaruh pada plafon DD tahun depan,” ucapnya.

Total anggaran DD untuk tahap dua di tahun 2017 bagi 332 desa, baik wilayah daratan maupun kepulauan ini sebesar Rp46 M. Anggaran DD dan ADD tahun 2017 di Sumenep mencapai Rp 300 miliar lebih. Untuk anggaran ADD mencapai Rp 123.956.142.398 dan anggaran DD Rp 271.773.005.000.

DD dan ADD itu digelontorkan pemerintah untuk meningkatkan dan pemerataan pembangunan di bawah. Aparatur desa harus merealisasikannya sesuai dengan regulasi yang ada agar tidak terjadi pelanggaran hukum. (Arifin/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.