Jelang Tutup Tahun, Hama Belalang Serang Cemara Udang di Batang-batang Sumenep

Avatar of PortalMadura.Com
Jelang Tutup Tahun, Hama Belalang Serang Cemara Udang di Batang-batang Sumenep
Hama Belalang menyerang Cemara Udang

PortalMadura.Com, – Menjelang tutup tahun 2016, warga Desa Dapenda, Kecamatan Batang-batang, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur resah karena hama belalang menyerang cemara udang yang ada disekitar perkampungan warga.

“Cemara udang yang ada diperkebunan, bahkan bonsai yang sudah siap dijual banyak yang mati akibat serangan hama belalang,” jelas salah seorang warga Dusun Dapenda Timur, Desa Dapenda, Mashudiyanto, Kamis (15/12/2016).

Yanto menerangkan, tidak hanya daun cemara udang, hama belalang juga memakan daun pohon disekitar pemukiman warga, bahkan belalang tersebut masuk kerumah-rumah warga.

“Serangan hama belalang ini sudah terjadi awal tahun ini dan sepengetahuan warga, kejadian seperti ini musiman lima tahunan, tapi untuk tahun ini malah terjadi dua kali,” ucapnya.

Ia menegaskan, serangan hama belalang terjadi sejak awal bulan ini. Warga setempat sudah mengantisipasi bertambahnya jumlah hama dengan cara menyemprotkan obat-obatan, tapi ternyata justru bertambah banyak.

“Hama belalang yang disemprot memang mati, tapi yang lain terus bermunculan dan bertambah banyak,” imbuhnya.

Ia berharap, pemerintah bisa turun tangan untuk mengusir hama belalang ini. Karena, jika dibiarkan tanpa ada pengusiran, dipastikan cemara udang milik warga akan mati semua.

“Harapan kami pemerintah mencarikan solusi terhadap serangan hama belalang ini, kasihan warga. Karena, belalang tersebut sangat mengganggu warga,” harapnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.