oleh

Jembatan Timbang Tak Beroperasi, Kendaraan Overload Ramai di Madura

PortalMadura.Com, Sampang – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur mendeteksi kendaraan yang overload dan over dimensi saat ini ramai melintasi daerahnya.

Kadishub Kabupaten Sampang, M. Zuhri menduga, banyaknya kendaraan yang overload dan over dimensi akibat jembatan timbang tidak beroperasi.

Jembatan timbang tersebut ada di kawasan Kecamatan Jrengik, Kabupaten Sampang. “Muatan overload membuat jalan tambah rusak dan membahayakan bagi pengguna jalan lain,” katanya, Jumat (21/9/2018).

Menurutnya, Dinas Perhubungan di daerah tidak mempunyai kewenangan untuk mengaftifkan Jembatan Timbang tersebut, sebab saat ini seluruh Jembatan Timbang se-Indonesia dikelola oleh Pusat.

“Kami juga belum tahu kapan Jembatan Timbang itu akan diaktifkan kembali,” ucapnya.

Saat ini, pihaknya hanya bisa mengendalikan kendaraan overload maupun over dimensi dengan cara operasi gabungan dengan pihak kepolisian dan uji KIR.

“Kalau ketahuan bermuatan lebih saat ada operasi gabungan tetap ditindak. Dan untuk over ukuran kami tidak memberikan ijin uji KIR,” pungkasnya.(Isrok/Nurul)