oleh

Jika Punya 4 Sifat Ini, Jangan Coba Berbisnis

PortalMadura.Com – Membangun bisnis memang bukan perkara yang mudah, dibutuhkan karakter atau jiwa-jiwa pengusaha agar sesuatu yang dijalankannya itu berhasil dengan sukses.

Jadi, Anda tidak perlu tergiur atau merasa heran kepada mereka yang kelihatannya hebat dan enak dengan bisnisnya. Sebab, mereka tidak memiliki sifat-sifat berikut ini dalam menjalankan bisnis.

Apa sajakah sifat-sifat itu?. Berikut daftarnya:

Takut Mengambil Risiko
Seorang pengusaha harus memiliki sifat berani mengambil risiko, kalau takut, yaa wajar saja kalau usahanya tidak maju-maju atau malah langsung bangkrut. Jangan bilang bangkrut itu berarti tamat riwayat Anda, sama sekali tidak.

Bahkan, pengusaha sukses pun paham bahwa untuk sukses memang diperlukan kegagalan dan keberanian bangkit dari kegagalan tersebut. Bukan hanya sekali gagal, bisa jadi berkali-kali gagal.

Suka Gaya Hidup Mewah
Belum apa-apa sudah beli mobil mewah, rumah mewah, supaya terlihat keren dan jadi pengusaha besar, padahal yang dipakai bermewah-mewahan itu justru uang modal usaha.

Waduh, hati-hati dengan gaya hidup mewah, betapa banyak pengusaha yang masuk penjara karena menggunakan uang orang lain untuk mendanai gaya hidup mewahnya.

Suka Pendapatan Tetap
Inginnya ada gaji bulanan atau mingguan?. Jangan mimpi jadi pengusaha, terkadang saat awal membuka bisnis, bisa jadi tidak dapat uang se sen pun dari usaha yang dirintis. Kalau masih butuh kepastian pendapatan lebih baik jadi pekerja saja.

Lebih suka Disuruh-suruh daripada Mengambil Keputusan Sendiri
Berbisnis itu adalah seni membuat keputusan demi keputusan secara cepat, kalau Anda tidak berani ambil keputusan dan lebih suka disuruh-suruh orang lain, ya bisa jadi Anda lebih cocok jadi pekerja. Atau kalau pun mau berbisnis, carilah partner yang bisa melengkapi sifat Anda.

Pelit
Kalau pelit ke sendiri sih boleh saja selama dalam batas wajar, tapi pengusaha sukses pasti tahu bahwa dirinya tidak boleh pelit pada customer, tidak boleh pelit pula untuk bersedekah pada orang yang memerlukan. Karena keberkahan bisnis Anda bisa jadi ada pada kemurahan hati Anda dalam berbagi.

Nah, jika Anda punya 4 sifat tersebut, harus pikir-pikir lagi kalau mau punya bisnis, perlu kikis dulu sifat yang tidak matching tersebut. (ummi-online.com/Putri)

Loading...