Jintan Hitam, Bahan Dapur yang Punya Manfaat untuk Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
Jintan Hitam, Bahan Dapur yang Punya Manfaat untuk Kesehatan
ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan rempah-rempah yang biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tanaman obat atau herbal. Tanaman yang dikenal dengan sebutan habbatussauda itu memang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan seseorang.

Tahukah Anda apa saja?. Manfaatnya itu mulai dari bisa mengurangi tekanan darah tinggi, mengurangi risiko kolesterol dan asma, hingga menghilangkan rasa sakit dan kram pada perut. Bahkan, jintan hitam disebut sebagai herbal yang bisa menyembuhkan penyakit apa saja.

Seperti dikutip dari NDTV, jintam hitam mengandung vitamin, asam amino, saponin, minyak atsiri, protein, asam limonelat, kalsium, natrium, kalium, dan masih banyak lagi yang memberikan ragam manfaat. Bahkan biji yang sering digunakan sebagai bumbu masakan ini memiliki sifat anti-karsinogenik.

Kandungan saponin pada jintan hitam berguna untuk menangkal racun pada tubuh dan darah. Sehingga bisa menjaga sistem kerja dan fungsi organ tubuh.

Sementara itu, kandungan asam linolenat mampu merangsal sel pada syaraf otak sehingga dapat meningkatkan daya ingat memori dan membantu agar bisa lebih berkonsentrasi.

Jintan hitam juga mengandung minyak atsiri yang bisa memperbaiki gangguan sistem pencernaan. Maka tidak heran jika ekstrak jintan hitam sering digunakan ketika sakit perut untuk mengurangi gas dalam perut serta meredakan rasa kembung.

Seperti halnya ekstrak jintan hitam yang terkandung dalam H2 Zativa untuk membantu memelihara kesehatan dan fungsi pencernaan. Dengan cara kerja menghilangkan kembung, melindungi lambung, dan menghambat bakteri. (detik.com/putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.