Jomblo, Ini Tips Agar Tetap Bahagia Walau Sendiri

Avatar of PortalMadura.Com
Jomblo, Ini Tips Agar Tetap Bahagia Walau Sendiri
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Jomblo, tak perlu bersedih karena Anda sendiri. Menjadi single juga bisa bahagia loh, asal tahu caranya. Hilangkanlah kegalauan dengan tidak selalu gundah menunggu pasangan.

Sorang psikolog klinik, Jennifer Taitz yang menulis sebuah buku untuk para kliennya yang ingin mengobati patah hati karena single alias tak memiliki pasangan.

Dalam bukunya, “How To Be Single and Happy: Science-Based Strategies for Keeping Your Sanity While Looking dor a Soul Mate”, Taitz menyampaikan hal-hal berbasiskan data yang dapat membantu pembaca mendapatkan kencan, sambil mengingatkan diri mereka bahwa memiliki hubungan tidaklah seperti apa yang mereka bayangkan.

Berikut tips bagi Anda yang ingin tetap merasa bahagia walaupun single.

1. Jangan menunggu datangnya pasangan

Setiap orang pasti memiliki rencana besar bila mereka nanti memiliki pasangan. Namun sambil menunggu, mereka malah tidak melakukan apa-apa sehingga justru membuat makin galau.

“Mereka benar-benar kosong, menunggu seseorang untuk datang dan mengisi,” kata Taitz.

Agar tidak berlarut dalam kesedihan, cobalah tanya pada diri sendiri. Seperti, apa hidup Anda akan berubah saat memiliki pasangan?, sekarang cobalah menjalani kehidupan seperti bayangan tersebut.

Inilah saatnya Anda untuk mengambil aksi. Misalnya, keluarlah lebih sering, mulailah merencanakan masa depan, atau berpikir bahwa diri Anda adalah seseorang yang lengkap.

Hal tersebut, para terapis menyebutnya “Behavioral Activation” yaitu membantu pasien mengatur kembali kehidupan mereka untuk tujuan jangka panjang dan keluar dari kesedihan.

2. Belajar mencintai diri sendiri

“Sangat menyenangkan melakukan sesuatu untuk seseorang yang Anda cintai, dan juga menyenangkan saat seseorang melakukan hal yang sama untuk Anda,” kata Taitz.

Ia menyarankan bahwa daripada menunggu untuk merasakannya, cobalah melatih rasa tersebut dengan belajar mencintai diri sendiri.

Selain itu, Taitz juga menyarankan agar Anda memperlakukan diri Anda sebagaimana Anda membayangkan mencintai orang yang akan merawat Anda.

Contohnya, saat Anda mengalami hari yang melelahkan, manjakanlah diri Anda dengan makan malam yang lezat atau menyenangkan, atau melakukan hal yang Anda sukai.

kritiklah kepada diri sendiri dengan rasa sayang terhadap diri sendiri. Hal tersebut berhubungan dengan hubungan percintaan yang sehat dan akan menambah kebahagiaan.

3. Cari Kesibukan

Agar Anda berhenti mengasihani diri sendiri karena status single, Taitz merekomendasikan untuk melakukan kegiatan yang bisa meningkatkan toleransi terhadap keadaan yang membuat stres, yaitu kemampuan untuk menenangkan diri dan berhenti berpikir negatif. Seperti, cobalah mengisi teka teki silang atau melakukan olahraga insentif, dan hal lainnya asalkan jangan lari ke media sosial yang mebuat kesedihan atas status single Anda. (kompas.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.