Jumlah Penumpang Bus di Sumenep Meningkat

Avatar of PortalMadura.com
Jumlah Penumpang Bus di Sumenep Meningkat
Petugas dari Satuan Lantas Polres Sumenep memeriksa kelengkapan surat sopir bus AKDP yang akan berangkat dari Terminal Arya Wiraraja, beberapa waktu lalu (Foto: Slamet HD)

PortalMadura.Com, – Jumlah penumpang bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang berangkat dari , Madura, Jawa Timur, meningkat pada masa angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

“Ada peningkatan. Namun, jumlahnya tidak signifikan dan masih bisa dilayani oleh bus yang beroperasi secara reguler di Sumenep,” kata Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Arya Wiraraja Sumenep, Handoko Imam Hanafi, Kamis (26/12/2019).

Di Sumenep terdapat tujuh Perusahaan Otobus (PO) yang melayani jalur AKDP dengan jumlah armada secara keseluruhan sebanyak 176 unit, dengan rincian 142 bus ekonomi dan 34 bus patas.

Pada hari-hari biasa, jumlah bus AKDP yang beroperasi pada kisaran 60 hingga 88 unit per hari atau di bawah jumlah armada yang disiapkan operator bus.

Sementara jumlah penumpang bus AKDP pada hari-hari biasa, baik yang berangkat maupun datang, pada kisaran 400 hingga 700 orang per hari.

“Peningkatan jumlah penumpang bus AKDP pada masa angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 terjadi selama tiga hari pada posisi keberangkatan. Jumlahnya di atas 800 orang ,” kata Imam menerangkan.

Sesuai data di Satuan Pelayanan Terminal Arya Wiraraja Sumenep, jumlah penumpang bus AKDP yang berangkat atau keluar pada Minggu (22/12) sebanyak 856 orang, Senin (23/12) sebanyak 905 orang, dan Rabu (25/12) sebanyak 853 orang.

Ia menduga peningkatan jumlah penumpang bus AKDP pada posisi keberangkatan juga diakibatkan masa liburan sekolah dan cuti bersama para Aparatur Sipil Negara (ASN).

Baca Juga : Siswa SMP Negeri Kelas 9 di Sumenep Diringkus Polisi

Sementara pada posisi kedatangan, jumlah penumpang bus AKDP yang ke Sumenep masih di bawah 700 orang per hari sejak 18-25 Desember 2019.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.