oleh

Kabar Akan Ada Dua Bulan Pada 27 Agutus 2014, Berita Palsu

PortalMadura.Com, Sumenep – Beredar kabar melalui brotkes BlackBerry Messenger (BBM) jika pada 27 Agustus 2014 akan ada fenomena planet Mars yang akan mendekat dengan Bumi, sehingga tampak seperti bulan kembar.

Isi brotkes BlackBerry Messenger yang diterima Redaksi PortalMadura.Com, pukul 18.10 Wib, Rabu (27/8/2014) menyebutkan ; Fenomena alam, Pada 27 Agustus 2014 akan ada dua bulan.

Seluruh dunia sedang menunggu untuk itu. Pada hari ini Mars akan sangat cerah dan seperti bulan semua orang bisa melihatnya dengan mata telanjang. Hari ini jarak Mars akan menjadi 34,65 Milyar Mil jauhnya dari bumi.

Pada hari ini jangan lupa untuk melihat fenomena ini jam 00.30 dini hari. (28/8, 00:30) Karena Anda akan melihat dua bulan di langit. Peristiwa ini akan terjadi lagi pada tahun 2.287.Silakan berbagi ini dengan semua. Karena orang-orang yang hidup sekarang tidak bisa melihatnya lagi pada tahun 2.287.

iklan hari santri

Kabar tersebut merupakan kabar palsu dan dibantah oleh Ahli astronomi dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Thomas Djamaluddin mengungkapkan, “Itu hoax (palsu, red) yang berulang sejak 2007 saat Mars purnama,” kata Thomas melalui pesan singkat sebagai mana dilansir tempo.co.

Menurut dia, Mars purnama terjadi pada 27 Agustus 2007. Namun sering dikirim ulang melalui pesan singkat, BlackBerry Messenger, atau milis.

Hal senada juga disampaikan, Badan Ruang Angkasa Malaysia, Angkasa, juga membantah kabar tersebut. “Harus dicatat bahwa jarak Mars akan stabil pada orbitnya di malam itu, yakni 125,28 juta mil dari Bumi, dan bukan 34,65 juta mil seperti dikabarkan,” tulis lembaga itu seperti dikutip Rakyat Post.(htn)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.